Negara Eropa dengan Biaya Kuliah Terjangkau dan Kualitas Hidup Baik

| 26 Sep 2023 16:15
Negara Eropa dengan Biaya Kuliah Terjangkau dan Kualitas Hidup Baik
Negara eropa dengan biaya kuliah terjangkau (unsplash)

ERA.id - Kuliah di Eropa sering kali dianggap sebagai pilihan pendidikan yang mahal, namun tahukah Anda bahwa ada banyak negara di Eropa yang menawarkan biaya kuliah terjangkau. Mana saja negara eropa dengan biaya kuliah terjangkau?

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa negara di Eropa yang memungkinkan Anda untuk mengejar gelar akademis tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Negara Eropa dengan Biaya Kuliah Terjangkau

  1. Austria

Austria adalah negara yang pernah menjadi rumah bagi tokoh-tokoh terkenal seperti Amadeus Mozart dan Sigmund Freud. Austria juga terkenal dengan pemandangan bukit hijau dan keindahan alam pedesaannya yang pastinya akan membuatmu terpesona.

Wina yang merupakan ibukota Austria telah menduduki peringkat ke-20 sebagai salah satu QS Best Student Cities pada tahun 2015. Pencapaian tersebut sepenuhnya wajar mengingat kualitas pendidikan yang tinggi dan kualitas hidup yang baik yang ditawarkan oleh kota ini.

Selain itu, Wina juga memiliki beragam hiburan dan atraksi bagi mahasiswa. Namun, yang menarik adalah suasana kota yang tidak terlalu ramai seperti kota-kota besar lainnya.

Biaya kuliah untuk mahasiswa internasional di Austria sekitar €1,500 per tahun, sedangkan biaya hidup bulanan sekitar €800. Meskipun biaya hidupnya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa negara lain, namun Anda memiliki kesempatan untuk bekerja selama belajar berkat work permit.

  1. Polandia

Polandia adalah pilihan terbaik berikutnya bagi mereka yang ingin mengejar pendidikan internasional tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Jika Anda memilih universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai media pembelajaran, perkiraan biaya kuliahnya berkisar antara USD 2.340 hingga USD 3.500 per tahun.

Selain itu, Anda dapat menikmati biaya hidup yang sangat terjangkau, dengan perkiraan pengeluaran sekitar USD 7.700 per tahun.

  1. Jerman

Jerman telah lama menjadi destinasi favorit bagi mahasiswa internasional yang mencari pendidikan berkualitas tinggi. Jerman juga dikenal dengan sistem pendidikan unggul yang memiliki penelitian yang inovatif.

Jerman telah lama menjadi destinasi favorit bagi mahasiswa internasional (unsplash)

Jerman juga memiliki 300 universitas, dengan 10 diantaranya menduduki peringkat teratas dunia. Meskipun begitu, Jerman terkenal dengan biaya kuliah yang terjangkau. Untuk tingkat sarjana dan magister.

Perkuliahan tidak dikenakan biaya, kecuali jika Anda belajar di wilayah Baden-Württemberg yang menerapkan biaya penuh untuk mahasiswa internasional sejak 2017.

Meskipun demikian, para siswa tetap dikenakan biaya administrasi yang terjangkau sekitar 100 hingga 200 euro per tahun, atau sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 3,1 juta. Sementara itu, biaya hidup rata-rata berkisar antara 8.400 hingga 13.500 euro per tahun, atau sekitar Rp 131 juta hingga Rp 211 juta.

  1. Finlandia

Finlandia adalah pilihan yang sangat menarik untuk pendidikan tinggi tanpa biaya kuliah bagi program sarjana (S1) dan magister (S2). Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa program S2 mungkin akan menarik biaya kuliah bagi mahasiswa dari negara-negara di luar Uni Eropa.

Selain itu, biaya kuliah program S2 juga berkisar antara €2.500 hingga €12.000, atau sekitar Rp36.478.587,50 hingga Rp175.097.220,00. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang cermat sebelum memilih universitas dan program yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Selain negara eropa dengan biaya kuliah terjangkau, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi