Lansia Austria Kehilangan Dua Kaki Gegara Klinik Salah Amputasi

Tim Editor

Ilustrasi: dokter memegang stetoskop. (Foto: Unsplash)

ERA.id - Keteledoran praktisi medis bisa menyebabkan kerugian besar bagi pasien. Seperti terjadi di sebuah klinik di Austria yang salah mengamputasi kaki seorang pasien, diberitakan ANTARA, Kamis, (21/5/2021).

Berdasarkan laporan ANTARA, Klinik Freistadt, terletak di kota perbatasan Austria-Ceko, merilis pernyataan adanya seorang pasien lansia yang mengidap banyak penyakit. Salah satu dari penyakit tersebut sampai berdampak pada kaki kirinya, yang berujung pada keharusan untuk diamputasi.

"Namun, kami sangat terkejut bahwa pada Selasa, 18 Mei, meski dengan standar jaminan kualitas, yang diamputasi dari pria 82 tahun itu justru kaki yang salah," sebut pihak klinik, seraya menambahkan bahwa kesalahan itu diketahui saat mengganti perban pada Kamis pagi.

Kesalahan tampaknya terjadi tidak lama menjelang operasi, ketika kaki yang akan diamputasi ditandai, sebut pernyataan itu.

"Sayangnya kesalahan, di mana kaki kanan yang diamputasi dan bukan kaki kiri, terjadi akibat serentetan keadaan yang tidak menguntungkan," katanya, seraya menambahkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki apa yang terjadi dan akan meninjau standar mereka.

Pasien diberikan bantuan psikologis dan masih harus menjalani operasi lainnya untuk mengangkat kaki kirinya dari paha bagian tengah.

"Operasi segera dijadwalkan," katanya.

Tag: malpraktik Austria Amputasi

Bagikan: