Putranya Hajar Tahanan Terduga Pembakar Al Qur’an, Presiden Checnya: Saya Bangga!

| 26 Sep 2023 21:05
Putranya Hajar Tahanan Terduga Pembakar Al Qur’an, Presiden Checnya: Saya Bangga!
Adam Kadyrov (Dok: Istimewa)

ERA.id - Putra presiden Checnya, Adam, viral setelah menghajar terduga pembakar Al Qur’an. Ramzan Kadyrov sebagai ayah pun mengaku bangga atas tindakan tersebut. 

Video pemukulan itu dibagikan oleh Kadyrov di media sosial pada 25 September 2023. Pada video itu terlihat seorang anak berpakaian warna khaki meninju dan menendang pria lain yang meringkuk di kursi sebelum menjatuhkannya ke lantai.

“Dia mengalahkannya, dan dia melakukan hal yang benar,” kata Kadyrov, dilansir Reuters

Aksi Adam ini pun diakui Kadyrov membuatnya bangga. Terlebih Adam memukuli terduga pembakar Al Qur’an yang merupakan kitab suci umat Muslim. Ramzan sengaja mengunggah video itu demi melepas keraguan atas laporan bulan lalu tentang insiden pembakaran Al Qur’an.

“Tanpa melebih-lebihkan, ya, saya bangga dengan tindakan Adam,” tegasnya.

Dalam video yang viral, Adam terlihat menghajar tahanan terduga pembakar Al Qur’an bernama Nikita Zhuravel. Nikita disebut telah melaporkan kejadian itu ke ombudsman hak asasi manusia Rusia, yang bulan lalu mengatakan bahwa ia telah menyampaikan masalah tersebut kepada rekannya di Chechnya.

Ramzan Kadyrov menjadi presiden Checnya tahun 2007, mengikuti jejak ayahnya Akhmat yang terbunuh dalam ledakan bom pada tahun 2004. Dia telah menikmati dana besar dari Putin untuk membangun kembali wilayah mayoritas Muslim yang menderita kehancuran dalam dua perang setelah runtuhnya Uni Soviet ketika mencoba melepaskan diri dari kendali Moskow.

Ramzan banyak memberikan publisitas kepada ketiga putranya yang masih remaja, yang menurutnya tahun lalu akan dikirim untuk berperang demi Rusia dalam perang di Ukraina. Namun sejauh mana keterlibatan mereka dalam aksi tempur tidak diketahui kepastiannya.

Putra tertua Ramzan, Akhmat, berfoto bersama Putin di Kremlin pada bulan Maret, memicu rumor bahwa ia sedang dipersiapkan sebagai penerus Kadyrov.

Rekomendasi