Daftar Negara Eropa yang Bebas Visa untuk Indonesia, Catat dan Atur Jadwal Keberangkatan

| 13 Oct 2023 21:05
Daftar Negara Eropa yang Bebas Visa untuk Indonesia, Catat dan Atur Jadwal Keberangkatan
Salah satu tujuan wisata di Turkiye (Daily Sabah)

ERA.id - Sebagian orang Indonesia menjadikan negara-negara Eropa sebagai tujuan wisata kelas atas. Jika Anda adalah salah satunya, saat ini hal tersebut bisa lebih mudah diwujudkan sebab ada beberapa negara Eropa yang bebas visa untuk Indonesia.

Visa adalah salah satu syarat administrasi liburan di negara lain dan hal ini kadang menjadi hambatan untuk pergi melancong. Visa adalah dokumen izin dari negara tujuan agar bisa masuk ke wilayahnya.

Dengan adanya kebijakan bebas visa untuk warga Indonesia, satu persoalan teratasi. Uang yang akan digunakan untuk mengurus visa bisa digunakan untuk tambahan uang saku. Lalu, mana saja negara Eropa yang membuat kebijakan bebas visa untuk wisatawan Indonesia?

4 Negara Eropa yang Bebas Visa untuk Indonesia

1. Turkiye

Secara geografis, Turkiye berada di wilayah Eropa dan Asia. Namun, sejak 73 tahun lalu Turki tercatat menjadi bagian Eropa. Ada banyak situs bersejarah yang menarik untuk dikunjungi di Turkiye, salah satunya situs sejarah keagamaan.

Pemandangan perkotaan dan sajian makanan Turkiye juga menarik untuk dijelajahi. Jika Anda ingin jalan-jalan di negara ini, Turkiye memberikan kemudahan bagi warga Indonesia berupa wisata bebas visa selama 30 hari.

2. Belarusia

Belarusia bukanlah Rusia, tetapi letaknya memang berdekatan dengan negara itu. Belarusia ada di kawasan Eropa Timur, diapit Rusia di utara dan timur, Ukraina di bagian selatan, Polandia di sisi barat, dan Lithuania serta Latvia di barat laut. Selain iklim yang sangat berbeda dengan Indonesia, pemandangan di Belarusia juga sangat indah.

Belarusia memberikan izin bagi wisatawan Indonesia untuk berlibur di negara tersebut tanpa visa selama 30 hari. Calon wisatawan hanya perlu memenuhi beberapa syarat yang diberikan.

Syarat yang dimaksud adalah masuk melalui Bandara Internasional Minsk dan tidak terbang ke dan dari Rusia. Para wisatawan juga harus punya tiket pulang dalam kurun 30 hari serta asuransi senilai 10 ribu euro (sekitar Rp165,8 juta).

3. Serbia

Serbia termasuk negara Eropa dengan bentangan alam yang sangat indah. Ada beberapa negara yang mengelilingi Serbia, yaitu Hungaria di bagian utara, Bulgaria dan Rumania di sisi timur, Montenegro di barat daya, dan Makedonia Utara di sebelah selatan. Warga Indonesia bisa berlibur di Serbia tanpa visa selama 30 hari, hanya butuh tiket dan paspor.

Salah satu destinasi wisata Serbia (Pando Trip)

4. Azerbaijan

Mirip dengan Turkiye, Azebaijan juga berada di wilayah yang beririsan dengan Asia, tepatnya Asia Barat. Namun, dilansir Council of Europe, negara ini telah menjadi anggota ke-45 Majelis Eropa sejak 25 Januari 2001.

Ibu kota negara Azerbaijan adalah Baku. Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di negara ini, misalnya penampakan alam yang indah dan wisata sejarah agama.

Warga Indonesia yang ingin berlibur di Azerbaijan cukup menyiapkan Visa on Arrival (VoA), yaitu izin berkas izin masuk sementara dari negara tujuan dari wisatawan mancanegara. Masa tinggalnya tidak berbeda dengan 3 negara bebas visa sebelumnya, yaitu 30 hari.

Itulah beberapa negara Eropa yang bebas visa untuk Indonesia. Ikuti terus Era.id untuk mendapatkan berita menarik dan terbaru lainnya.

Rekomendasi