Ngaku Tidak Sengaja Campur Susu Formula dengan Obat Tidur, Bayi Berusia 100 Hari Tewas di Tangan Ayahnya

| 26 Oct 2023 11:10
Ngaku Tidak Sengaja Campur Susu Formula dengan Obat Tidur, Bayi Berusia 100 Hari Tewas di Tangan Ayahnya
Bayi 100’hari tewas minum susu formula dicampur obat tidur (Freepik/fabrikasimf)

ERA.id - Seorang pria berusia 40 tahun dijatuhi hukumnan delapan tahun penjara setelah membunuh anaknya sendiri. Pria itu disebut mencampur susu formula dengan obat tidur ke anaknya yang baru berusia 100 hari.

Divisi Kriminal 11 Pengadilan Distrik Daejeon menghukum A (40), yang didakwa atas tuduhan pelecehan anak dan kematian selama delapan tahun penjara. Pak A memberi makan putrinya yang berusia 100 hari dengan susu bubuk yang dicampur dengan obat tidur yang mengandung zolpidem.

Zolpidem adalah obat yang digunakan untuk membantu orang tertidur dan hanya dapat diresepkan untuk orang dewasa. Terungkap bahwa sang ayah memperoleh obat tidur tersebut dari rumah sakit.

Kejadian ini terjadi pada 13 Januari, saat itu anaknya yang berada dalam kondisi berbahaya seperti hipotermia, jatuh ke lantai sehingga menyebabkan dia kehilangan kesadaran. Anak yang baru berusia 100 hari itu pun muntah-muntah dan pingsan. 

Akan tetapi sang ayah tidak meminta bantuan pihak berwenang untuk menolong anaknya. Dia terbukti tidak melaporkan kejadian itu karena takut ditangkap. 

“Terdakwa meninggalkan putrinya tanpa pengawasan selama lebih dari satu jam sampai istrinya kembali ke rumah, meskipun dia muntah-muntah dan susu bubuk mengalir dari hidungnya,” kata pengadilan, dikutip Wikitree, Kamis (26/10/2023). 

“Dalih bahwa dia menelantarkan anak tersebut karena dia takut karena menjadi buronan adalah hal yang tidak meyakinkan,” sambungnya. 

Selain mengabaikan keselamatan anaknya, tuan A juga diduga sengaja memberi susu formula yang dicampur dengan obat tidur. Hal ini pun menyebabkan anaknya yang berusia 100 hari meninggal dunia. 

“Sepertinya dia tidak sengaja diberi susu bubuk Pidem, dan dia mengabaikannya, karena tahu itu salah, dan menyebabkan kematiannya,” kata pengadilan. 

Selama persidangan yang berlangsung pada 12 September lalu, jaksa mengatakan tuan A membantah tuduhan tersebut. Bahkan tuan A disebut tidak merenungi perbuatannya setelah menyebabkan kematian anaknya sendiri.

“Terdakwa, tanpa penyesalan, menyangkal kejahatan tersebut, dan menyatakan bahwa memberikan Zolpidem kepada putrinya yang baru berusia 100 hari hanyalah sebuah kecelakaan. Mengingat sifat kejahatannya, kesalahannya sangat berat,” ungkap Jaksa di pengadilan. 

Dalam sidang itu, tuan A membantah dengan sengaja memberi anaknya susu formula dengan obat tidur. Dia juga menegaskan saat kejadian sudah memberikan pertolongan pertama untuk anaknya dengan napas buatan. 

“Saya tinggal di semi basement, jadi pada siang hari pun rumah tetap gelap. Jadi saya tidak sengaja menggunakan air kemasan obat tidur yang tersisa untuk saya minum untuk membuat susu bubuk. Saya melakukan pernapasan buatan dan reseksi jantung paru pada saat itu,” kata tuan A.

Namun pengadilan tidak menerima gugatan Tuan A karena perbedaan waktu yang diklaim oleh Tuan A dengan perkiraan waktu sebenarnya ia diberi susu bubuk, dan fakta bahwa ia mentransfer uang tersebut ke rekening istrinya karena khawatir ditangkap dalam situasi mendesak.

Divisi Kriminal ke-11 Pengadilan Distrik Daejeon menghukum sang ayah pada tanggal 19 Oktober atas tuduhan termasuk pelecehan anak yang mengakibatkan kematian selama delapan tahun penjara. 

Rekomendasi