Puluhan Warga Korea Selatan Terjebak di Roller Coaster, Pejabat Lakukan Investigasi: Bukan Kecelakaan Besar

| 30 Oct 2023 16:00
Puluhan Warga Korea Selatan Terjebak di Roller Coaster, Pejabat Lakukan Investigasi: Bukan Kecelakaan Besar
Roller coaster mati mendadak di Korea Selatan (Dok: Istimewa)

ERA.id - Puluhan warga Korea Selatan terjebak di atas roller coaster yang mendadak berhenti di sebuah taman hiburan di tenggara kota Gyeongju. Roller coaster itu berhenti selama 20 menit dan menyebabkan kepanikan.

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 17:37 waktu setempat, saat roller coaster berhenti di ketinggian 55 meter di atas permukaan tanah. Pihak taman hiburan pun mendorong roller coaster secara manual untuk menyelamatkan 22 orang yang terjebak.

Pejabat di kota Gyeongju mengatakan penghentian mendadak itu dipicu oleh sensor keselamatan roller coaster. Pihaknya juga menyebut kejadian itu tidak dianggap sebagai kecelakaan besar.

"Penghentian tersebut disebabkan oleh aktifnya sensor keselamatan roller coaster, dan hal tersebut bukan merupakan kecelakaan besar," katanya, dikutip Yonhap News, Senin (30/10/2023).

Lalu, pejabat menekankan bahwa wahan tersebut dilarang untuk beroperasi kembali sebelum penyelidikan selesai dilakukan.

Diketahui kejadian roller coaster mati mendadak ini bukanlah kali pertama yang terjadi. Peristiwa serupa pernah terjadi pada Juli 2022 ketika wahana itu terjebak di ketinggian yang sama. Hal ini pun menimbulkan berbagai pertanyaan tentang keselamatan dan pemeliharaan wahana di taman hiburan.

Gyeongju World, yang merupakan taman hiburan itu merupakan taman huburan dengan atraksi yang terkenal. Taman ini dibagi menjadi tiga area utama, yaitu X-Zone, Snow Sled Garden, dan Wizard Garden.

Area X-Zone adalah rumah bagi wahana mendebarkan seperti Phaethon, Megadrop, Tornado, dan Eksplorasi Grand Canyon.

Manajemen taman hiburan mengatakan roller coaster akan ditutup sampai pemeriksaan keamanan menyeluruh dilakukan guna memastikan kesejahteraan pengunjung. Hal ini juga bertujuan untuk mengetahui alasan sensor keselamatan diaktifkan.

Selain itu, manajemen taman hiburan juga akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah insiden serupa terjadi di masa depan.

Rekomendasi