Ngeri! Roda Roller Coaster Lepas hingga Keluar Lintasan, Satu Orang Tewas dan Sembilan Luka

| 27 Jun 2023 19:00
Ngeri! Roda Roller Coaster Lepas hingga Keluar Lintasan, Satu Orang Tewas dan Sembilan Luka
Korban Roller Coaster (Dok: Istimewa)

ERA.id - Sebuah wahana roller coaster di taman hiburan tertua di Swedia, Gröna Lund, menelan korban jiwa. Roda roller coaster lepas hingga keluar lintasan dan menyebabkan satu orang tewas. 

Kejadian mengerikan ini terjadi pada Minggu (24/6/2023) waktu setempat. Seorang saksi mata menggambarkan suasana kacau di taman Gröna Lund saat bagian depan kereta tampak melompat dari rel sebelum berhenti, dengan satu gerbong miring ke tanah.

“Bagian depan kereta tergelincir sebagian dan berhenti di lintasan pada ketinggian antara 6 dan 8 meter,” kata kepala eksekutif taman hiburan Jan Eriksson, dilansir APNews

Menurut catatan, saat kejadian ada 14 penumpang yang menaiki wahana roller coaster itu. Satu orang dilaporkan tewas dan sembilan penumpang lain mengalami luka-luka. 

“Total ada 14 orang di dalamnya, satu orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka,” jelasnya. 

Pemerintah daerah mengatakan sembilan orang dibawa ke rumah sakit, salah satunya dalam kondisi serius. Tiga dari yang terluka adalah anak-anak, semuanya dengan luka ringan.

Seorang saksi bernama Ziba Assadi mengatakan kepada penyiar Swedia TV4 bahwa dia berdiri tepat di bawah roller coaster Jetline ketika dia melihat rakitan roda salah satu kereta jatuh ke tanah.

“Kemudian mobil berhenti dan orang-orang terbang keluar, jatuh dari mobil,” katanya.

Selain itu, saksi mata juga mengatakan dua atau tiga orang jatuh dari roller coaster, salah satunya berhasil bertahan di lintasan. Foto dari tempat kejadian menunjukkan seorang pria duduk di balok di bawah kereta yang berhenti.

“Jadi dia duduk di sana mengangkangi (balok) dan menunggu. Benar-benar panik,” ungkap saksi. 

Taman hiburan dievakuasi setelah kecelakaan itu dan akan tetap ditutup selama tujuh hari untuk memungkinkan penyelidik mengetahui apa yang salah. 

Sementara pihak taman hiburan mengatakan kejadian itu tidak seharusnya terjadi. Mereka menekankan keselamatan jadi kunci utama sebelum membuka atraksi. Pihak taman hiburan juga menjamin sudah melakukan pengecekan keamanan sebelumnya. 

“Ini seharusnya tidak dibiarkan terjadi. Keselamatan adalah hal yang paling penting bagi kami. Dan kami tidak akan pernah membuka atraksi jika kami tidak yakin keamanannya, jadi ini adalah sesuatu yang perlu kami selidiki secara menyeluruh,” kata juru bicara Gröna Lund Annika Troselius. 

Polisi meluncurkan penyelidikan kriminal atas kemungkinan tuduhan pembunuhan tidak disengaja, menyebabkan cedera tubuh dan menyebabkan bahaya bagi orang lain.

Diketahui roller coaster Jetline sepanjang 800 meter (2.600 kaki) dibuka pada tahun 1988 dan direnovasi pada tahun 2000, menurut Gröna Lund. Roller coaster ini memiliki ketinggian maksimum 30 meter (98 kaki) dan kecepatan tertinggi 90 kpj (56 mph).

Dibuka pada tahun 1883, Gröna Lund adalah taman hiburan tertua di Swedia.

Rekomendasi