Israel Tuding Bantuan 300 Liter BBM Ditolak, Hamas: Propaganda Murahan

| 13 Nov 2023 13:05
Israel Tuding Bantuan 300 Liter BBM Ditolak, Hamas: Propaganda Murahan
Hamas (Dok:ANTARA/HO-Baznas)

ERA.id - Kelompok perlawanan Palestina Hamas membantah tuduhan Israel yang mengaku bantuan bahan bakar (BBM) ditolak untuk keperluan rumah sakit. Pernyataan itu dinilai Hamas sebagai propaganda murahan demi memperbaiki citra buruk Israel.

Hamas mendesak PBB dan komunitas internasional untuk secepatnya mengintervensi agar bahan bakar dapat masuk ke Jalur Gaza demi operasional rumah sakit. Desakan itu disampaikan dalam sebuah pernyataan merespons klaim militer Israel yang mengatakan kelompok Palestina itu telah menolak menerima BBM untuk rumah sakit Al-Shifa di Gaza.

Juru bicara militer Israel Avichay Adraee pada Minggu mengatakan dalam X bahwa pasukan Israel telah memberikan 300 liter bahan bakar kepada rumah sakit Al-Shifa, tetapi Hamas melarang RS itu untuk menerima bantuan tersebut.

Hamas membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa yang dikatakan Israel adalah bohong.

"Hamas bukan pihak manajemen RS Al-Shifa, dan tidak tercantum dalam struktur pengambilan keputusan dan (Hamas) sepenuhnya tunduk kepada otoritas Kementerian

Kesehatan Palestina yang mengelola urusan administratif dan teknisnya," kata Hamas, dikutip Antara, Senin (13/11/2023).

“Apa yang diungkapkan oleh pihak administrasi Rumah Sakit Al-Shifa adalah bahwa tawaran pendudukan (Israel) untuk memasok rumah sakit dengan hanya 300 liter bahan bakar menunjukkan sikap meremehkan rasa sakit dan penderitaan pasien, bayi prematur dan staf medis yang terjebak di dalamnya," sambungnya.

Hamas lantas menuding pasukan pendudukan Israel berusaha untuk mengeluarkan propaganda untuk memperbaiki citra mereka yang sudah buruk. Padahal, menurut Hamas, Israel melakukan banyak kejahatan kemanusiaan, termasuk membunuh staf medis dan membahayakan nyawa pasien.

“Melalui tawaran ini, pendudukan (Israel) berusaha meluncurkan kampanye propaganda murahan untuk mempercantik wajah buruk mereka dan mencoba menyembunyikan kejahatan terhadap kemanusiaan, pemboman rumah sakit, pembunuhan staf medis, dan membahayakan nyawa pasien dengan menghentikan pasokan bahan bakar, air dan obat-obatan,” kata Hamas.

Kelompok tersebut meminta PBB dan komunitas internasional agar “segera turun tangan membawa bahan bakar ke Jalur Gaza untuk mengoperasikan rumah sakit, menyelamatkan pasien, anak-anak dan korban luka di dalamnya, dan menghentikan pelanggaran nyata terhadap hukum internasional.”

Israel melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza – termasuk terhadap rumah sakit-rumah sakit, tempat tinggal dan rumah ibadah – sejak Hamas melancarkan serangan lintas batas pada 7 Oktober 2023.

Sejak itu, jumlah kematian dalam serangan Israel telah melampaui 11.100 orang, termasuk lebih dari 8.000 perempuan dan anak-anak, kata kantor media pemerintah di Gaza pada Minggu. Jumlah korban tewas di Israel hampir 1.200, menurut angka resmi pemerintah Israel.

Rekomendasi