Dua Wanita Ditembak Mati Israel di Gereja, Paus Fransiskus: Ini Terorisme!

| 18 Dec 2023 19:22
Dua Wanita Ditembak Mati Israel di Gereja, Paus Fransiskus: Ini Terorisme!
Paus Fransiskus (Dok: Instagram/franciscus)

ERA.id - Paus Fransiskus menyebut Israel menggunakan taktik 'terorisme' di Gaza dan menyerang warga sipil yang tidak bersalah. Dia juga menyesalkan aksi militer Israel yang membunuh dua wanita Kristen di komplek gereja.

Selama pemberkatan mingguannya, Paus Fransiskus merujuk pada pernyataan tentang insiden yang terjadi hari Sabtu (16/12/2023), yang dilakukan oleh Patriarkat Latin Yarusalem, otoritas Katolik di Tanah Suci.

Patriarkat mengatakan seorang “penembak jitu” Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membunuh dua wanita, yang disebut Paus sebagai Nahida Khalil Anton dan putrinya Samar, ketika mereka berjalan menuju biara biarawati di kompleks Paroki Keluarga Kudus.

Pernyataan Patriarkat mengatakan tujuh orang lainnya ditembak dan terluka ketika mereka berusaha melindungi orang lain.

“Saya terus menerima berita yang sangat menyedihkan dan menyakitkan dari Gaza. Warga sipil tak bersenjata menjadi sasaran pemboman dan penembakan. Dan ini terjadi bahkan di dalam kompleks paroki Keluarga Kudus, di mana tidak ada teroris, melainkan keluarga, anak-anak, orang sakit atau cacat, biarawati," kata Paus Fransiskus, dilansir Reuters, Senin (18/12/2023).

Lalu, kata Paus, mereka dibunuh secara sengaja oleh pasukan IDF. Dia juga menyoroti perusakan biara biarawati yang didirikan oleh Bunda Teresa telah dirusak oleh tembakan tank Israel.

Paus menegaskan aksi itu sebagai bentuk perang dan terorisme yang dilakukan oleh Israel.

"Beberapa orang akan mengatakan 'Ini adalah perang. Ini adalah terorisme.' Ya, ini perang. Itu terorisme," tegasnya.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan insiden tersebut masih dalam peninjauan dan belum dapat memberikan komentar mengenai kata-kata Paus tersebut.

Militer Israel mengatakan bahwa perwakilan gereja telah menghubungi mereka pada Sabtu pagi mengenai ledakan di daerah tersebut tetapi tidak melaporkan adanya korban di kompleks gereja.

“IDF hanya menargetkan teroris dan infrastruktur teror dan tidak menargetkan warga sipil, tidak peduli agama mereka,” kata IDF.

Pernyataan Paus pada hari Minggu menandai kedua kalinya dalam waktu kurang dari sebulan ia menggunakan kata “terorisme” ketika berbicara tentang peristiwa di Gaza.

Pada tanggal 22 November, setelah bertemu secara terpisah dengan keluarga sandera Israel yang ditahan oleh Hamas dan dengan warga Palestina yang memiliki keluarga di Gaza, Paus mengatakan kejahatan Israel adalah aksi terorisme.

"Ini adalah akibat dari perang. Namun di sini kita telah melampaui perang. Ini bukan perang. Ini adalah terorisme," katanya saat itu.

Belakangan pada hari itu, terjadi perselisihan mengenai apakah ia menggunakan kata "genosida" untuk menggambarkan kejadian di Gaza, dengan warga Palestina yang bertemu dengannya bersikeras bahwa ia menggunakan kata tersebut dan Vatikan mengatakan bahwa ia tidak melakukannya.

Kelompok-kelompok Yahudi mengkritik Paus atas komentar “terorisme” bulan lalu.

Israel meningkatkan pemboman di Gaza semalam hingga Minggu, menewaskan sedikitnya 40 orang, kata pihak Palestina, setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berargumentasi bahwa satu-satunya cara untuk menjamin pembebasan sandera adalah dengan melakukan tekanan militer yang kuat terhadap Hamas.

Rekomendasi