Minuman Khas Natal dari Berbagai Negara yang Patut Dicoba

| 25 Dec 2023 22:02
Minuman Khas Natal dari Berbagai Negara yang Patut Dicoba
Minuman khas natal dari berbagai negara (unsplash)

ERA.idNatal tidak hanya menghadirkan keindahan akan tradisi dan kebersamaan, tetapi juga memunculkan beragam keunikan kuliner. Terdapat minuman khas natal dari berbagai negara yang bisa menjadi rekomendasi perayaan tahun ini, apa saja?

Setiap tempat memiliki minuman ikonik yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang melekat pada momen bersejarah ini.

Minuman Khas Natal dari Berbagai Negara

  1. Coquito, Puerto Rico

Minuman khas ini berasal dari Puerto Rico yang sangat populer, terutama selama musim Natal. Bahkan, beberapa orang berpendapat bahwa coquito lebih unggul dibandingkan dengan versi Amerika.

Minuman ini dibuat dengan mencampurkan beberapa jenis susu dengan krim kelapa, kuning telur, kayu manis, vanila, dan rum putih. Direkomendasikan untuk menyajikan secara dingin, taburi dengan parutan pala, dan kayu manis, lalu nikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Coquito (unsplash)
  1. Irish Coffee, Irlandia

Irish coffee dapat diminum dalam banyak cara dan berbagai kesempatan. Namun, selama musim natal biasanya diminum dengan menambahkan sebanyak mungkin krim likuer dalam batas wajar.

Selain itu, juga biasa ditambahkan whiskey Irlandia, Kahlua Coffee Cream, dan Baileys. Dan terakhir ditutupi dengan putaran whipped cream.

Selain itu, masih ada hot port yang menjadi minuman musim dingin lain yang disukai oleh orang Irlandia. Minuman ini dapat menyembuhkan gejala awal flu, dengan mencampurkan sedikit gula ke dalam segelas whiskey, irisan lemon, cengkeh, dan diisi dengan air panas.

  1. Cuban Aliñado, Kuba

Minuman ini bukan eksklusif untuk Natal, melainkan bagian dari tradisi yang berasal dari timur Kuba. Biasanya ketika ada wanita hamil, keluarga akan mulai menyiapkan aliñado tepat waktu untuk kelahiran anak tersebut.

Minuman ini akan berumur sekitar sembilan bulan, sebelum dibagikan kepada mereka yang datang mengunjungi bayi baru tersebut. Hingga kemudian minuman diadopsi dan dimasukkan ke dalam perayaan Natal.

Tiga komponen utamanya adalah potongan buah (biasanya apel, papaya, ceri, plum, buah ara, atau pir), sirup, dan minuman beralkohol dari tebu (rum).

  1. Bombardino, Italia

Bombardino populer di resor ski dan menjadi minuman yang memberikan kehangatan di tengah salju. Nama bombardino ini tampaknya berasal dari seruan salah satu penikmatnya yang pertama kali, yang menyatakan: "Ini seperti bom!"

Ada beberapa variasi bombardino, beberapa menggunakan rum alih-alih brandy, dan yang lain (seperti calimero) menambahkan satu shot espresso juga.

  1. Wassail, Inggris

Dikenal juga sebagai spiced cider, minuman ini telah menjadi favorit musim dingin di Britania Raya selama berabad-abad.

Minuman ini merupakan alternatif yang baik untuk anggur yang dibumbui, terutama jika Anda memiliki selera yang sedikit lebih manis, dengan campuran ari apel, jeruk, lemon, kayu manis, cengkeh, pala, dan biji pala yang akan menghangatkan Anda.

  1. Café Mexicano, Meksiko

Ingin mencicipi nuansa Natal dari Meksiko? Cobalah cokelat panas yang menggoda ini. Anda bisa menikmatinya dengan atau tanpa alkohol. Cukup tuangkan sirup coklat ke dalam cangkir yang dipanaskan lalu aduk dengan Kahlua atau brandy. Jjika Anda suka bisa tambahkan kopi, lalu hiasi dengan seteguk krim tebal dan kayu manis.

Selain minuman khas natal dari berbagai negara, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi