Pintu Darurat Alaska Airlines Ditemukan di Halaman Rumah Warga, Penyelidik AS: Penyebab Akan Terungkap

| 08 Jan 2024 18:00
Pintu Darurat Alaska Airlines Ditemukan di Halaman Rumah Warga, Penyelidik AS: Penyebab Akan Terungkap
Alaska Airlines (Dok: NTSB)

ERA.id - Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengatakan pada Minggu malam bahwa "komponen utama yang hilang" dari jet Boeing 737 MAX 9 yang terlibat dalam pendaratan darurat Alaska Airlines telah ditemukan. Pintu darurat yang lepas ditemukan di halaman belakang rumah penduduk.

Menurut Ketua NTSB, Jennifer Homendy mengatakan, pintu darurat yang hilang ditemukan pada hari Minggu oleh seorang guru sekolah di Portland yang diidentifikasi hanya sebagai "Bob" di lingkungan Cedar Hills dan menemukannya di halaman belakang rumahnya.

Jennifer mengatakan dia sangat lega pintu itu telah ditemukan. Dia sebelumnya mengatakan kepada wartawan bahwa bagian pesawat adalah "komponen penting yang hilang" untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu terjadi.

“Tim struktur kami akan ingin melihat semua yang ada di pintu, semua komponen di pintu untuk melihat tanda-tanda saksi, untuk melihat perpindahan cat, seperti apa bentuk pintu saat ditemukan. Hal ini dapat memberi tahu mereka banyak tentang apa yang terjadi," katanya, dikutip Reuters, Senin (8/1/2024).

Kekuatan akibat hilangnya pintu darurat cukup kuat untuk membuka pintu kokpit selama penerbangan, kata Homendy, yang mengatakan hal itu pasti merupakan "peristiwa yang mengerikan" untuk dialami.

“Mereka mendengar ledakan,” kata Homendy tentang pilot yang diwawancarai oleh penyelidik.

Daftar periksa laminasi referensi cepat terbang keluar dari pintu, sementara petugas pertama kehilangan headsetnya, katanya.

"Komunikasi adalah masalah serius. Hal itu digambarkan sebagai kekacauan."

Homendy mengatakan perekam suara kokpit tidak menangkap data apa pun karena telah ditimpa dan sekali lagi meminta regulator untuk mewajibkan penambahan pesawat yang ada dengan perekam yang mampu menangkap data selama 25 jam, naik dari dua jam yang dibutuhkan saat ini.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) pada hari Sabtu memerintahkan penghentian sementara 171 jet Boeing MAX 9 yang dipasang dengan panel yang sama, yang berbobot sekitar 60 pon (27 kg) dan menutupi pintu keluar opsional yang terutama digunakan oleh maskapai penerbangan bertarif rendah.

Homendy mengatakan lampu gagal tekanan otomatis menyala di pesawat Alaska Airlines yang sama pada 7 Desember, 3 Januari, dan 4 Januari, namun tidak jelas apakah ada hubungan antara insiden tersebut dan kecelakaan tersebut.

"Alaska Airlines mengambil keputusan setelah adanya peringatan untuk melarang pesawat melakukan penerbangan panjang di atas perairan menuju Hawaii sehingga dapat segera kembali ke bandara jika diperlukan," kata Homendy.

Maskapai yang bermarkas di Seattle sebelumnya mengatakan dalam menanggapi pertanyaan tentang lampu peringatan bahwa penulisan sistem tekanan pesawat merupakan hal yang biasa dalam operasi penerbangan komersial dengan pesawat besar.

Maskapai tersebut mengatakan, "dalam setiap kasus, masalah tersebut sepenuhnya dievaluasi dan diselesaikan sesuai prosedur pemeliharaan yang disetujui dan sepenuhnya mematuhi semua peraturan FAA yang berlaku."

Alaska Airlines menambahkan pihaknya memiliki kebijakan internal untuk membatasi pesawat dengan beberapa catatan pemeliharaan pada beberapa sistem dari penerbangan panjang di atas air yang tidak diwajibkan oleh FAA.

FAA mengatakan pada hari Minggu bahwa armada pesawat Boeing MAX 9 yang terkena dampak, termasuk yang dioperasikan oleh maskapai lain seperti United Airlines, akan tetap dilarang terbang sampai regulator yakin bahwa pesawat tersebut aman.

FAA pada awalnya mengatakan pada hari Sabtu bahwa pemeriksaan yang diperlukan akan memakan waktu empat hingga delapan jam, membuat banyak orang di industri berasumsi bahwa pesawat tersebut dapat segera kembali beroperasi.

Namun kriteria pemeriksaan tersebut belum disepakati antara FAA dan Boeing, yang berarti maskapai penerbangan belum menerima instruksi rinci, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

FAA harus menyetujui kriteria inspeksi Boeing sebelum pemeriksaan dapat diselesaikan dan pesawat dapat melanjutkan penerbangan. Alaska Airlines mengatakan pada Minggu malam bahwa pihaknya masih belum menerima instruksi dari Boeing.

Alaska Airlines membatalkan 170 penerbangan pada hari Minggu dan 60 penerbangan lainnya pada hari Senin dan mengatakan gangguan perjalanan akibat larangan terbang tersebut diperkirakan akan berlangsung setidaknya hingga pertengahan minggu.

United, yang telah menghentikan penerbangan 79 MAX 9, membatalkan 230 penerbangan pada hari Minggu, atau 8 persen dari jadwal keberangkatan.

Kecelakaan ini telah menempatkan Boeing kembali dalam pengawasan karena menunggu sertifikasi MAX 7 yang lebih kecil serta MAX 10 yang lebih besar, yang diperlukan untuk bersaing dengan model utama Airbus.

Pada tahun 2019, otoritas global memberlakukan larangan terbang yang lebih luas pada semua pesawat MAX yang berlangsung selama 20 bulan setelah kecelakaan di Ethiopia dan Indonesia terkait dengan perangkat lunak kokpit yang dirancang dengan buruk dan menewaskan total 346 orang.

Rekomendasi