Berbalut Berlian dan Kemewahan, Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah Akan Digelar 10 Hari

| 11 Jan 2024 19:00
Berbalut Berlian dan Kemewahan, Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah Akan Digelar 10 Hari
Pangeran Mateen (Dok: Instagram/tmski.update)

ERA.id - Pangeran Abdul Mateen resmi menikahi tunangannya yang berasal dari kalangan rakyat biasa pada Kamis (11/1/2024). Pernikahan itu digelar meriah selama 10 hari di kesultanan kaya raya Malaysia itu.

Upacara pernikahan Islami pangeran berusia 32 tahun dan Yang Mulia Anisha Rosnah, diadakan di dalam masjid berkubah emas di ibu kota Bandar Seri Begawan.

Mateen adalah anak ke-10 Sultan Hassanal Bolkiah, raja yang paling lama memerintah di dunia dan pernah menjadi orang terkaya di dunia, dan berada di urutan bawah dalam urutan kekuasaan.

Pengantinnya yang merupakan cucu dari salah satu penasihat utama ayahnya dilaporkan memiliki merek fesyen dan ikut memiliki bisnis pariwisata.

Mateen yang mengenakan pakaian tradisional berwarna putih berhiaskan motif berlian dan hiasan kepala berwarna senada, diantar ke masjid dengan menggunakan sedan mewah.

Dia duduk di atas bantal kuning yang ditinggikan di depan seorang imam yang memimpin upacara khusus laki-laki yang dihadiri oleh sultan dan kerabat serta tamu lainnya.

Setelahnya, Mateen menghampiri ayahnya dan mencium tangannya.

Perayaan pernikahan kerajaan mencapai klimaksnya pada hari Minggu dengan upacara gemerlap di istana dengan 1.788 kamar dan prosesi yang rumit.

Daftar tamu diharapkan mencakup keluarga kerajaan internasional dan para pemimpin politik.

Banyak warga Brunei berencana untuk berbaris di jalan pada hari Minggu untuk menyaksikan pengantin baru kerajaan mengambil bagian dalam prosesi.

Meskipun Sultan telah lama kehilangan gelar orang terkaya di dunia karena menjadi miliarder teknologi, kekayaannya tetap menjadi legenda.

Ia dilaporkan memiliki banyak koleksi kendaraan mewah dan kediaman resminya di tepi sungai adalah salah satu istana terbesar di dunia.

Meskipun Mateen kemungkinan besar tidak akan pernah naik takhta, penampilan idola pertunjukan siangnya dan banyaknya pengikut di media sosial telah menjadikannya salah satu anggota keluarga kerajaan yang paling terkenal.

Seorang pilot helikopter di angkatan udara negaranya, ia sering dibandingkan di media dengan Pangeran Harry dari Inggris dan sebelumnya dijuluki "kerajaan panas".

Mateen lulus sebagai kadet perwira di Akademi Militer Kerajaan Inggris Sandhurst dan mewakili negaranya dalam cabang polo di Asian Games Tenggara 2019.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia memainkan peran yang semakin besar dalam diplomasi internasional.

Sang pangeran menemani ayahnya ke penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla pada Mei tahun lalu, dan pemakaman Ratu Elizabeth pada tahun 2022.

Rekomendasi