Kemewahan Royal Wedding Pangeran Abdul Mateen Selama 10 Hari

| 11 Jan 2024 18:57
Kemewahan Royal Wedding Pangeran Abdul Mateen Selama 10 Hari
Pangeran Abdul Mateen (Instagram)

ERA.id - Rangkaian royal wedding Pangeran Abdul Mateen digelar 10 hari mulai 7 Januari hingga 16 Januari 2024. Pernikahan putra Sultan Brunei Darussalam tersebut menjadi sorotan karena Pangeran Mateen meminang seorang perempuan bukan dari keturunan kerajaan, melainkan dari masyarakat biasa. 

Pangeran Mateen dan calon istrinya Anisha Rosnah resmi bertunangan pada Selasan (9/1) lalu. Pada Kamis (11/1), mereka berdua menjalani akad dan prosesi adat yang disebut Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja. Prosesi ini dilaksanakan sebelum acara royal wedding mempelai pengantin. 

Seperti pesta pernikahan anak raja pada umumnya, acara wedding Pangeran Abdul Matten dan pasangannya pun digelar secara mewah dan diramaikan oleh tamu-tamu agung. Lantas seperti apa kemeriahan dan rangkaian acara royal wedding Pangeran Abdul Mateen?

Kemewahan Royal Wedding Pangeran Abdul Mateen

Kemeriahan pesta pernikahan putra Sultan Brunei Darussalam berlangsung selama 10 hari. Pemilihan waktu pernikahan di bulan Januari karena menjadi bulan istimewa bagi keluarga kerajaan Brunei. 

Pernikahan akbar Pangeran Abdul Mateen diisi dengan serangkaian acara, mulai dari prosesi adat, pertunjukan mewah, hingga kegiatan-kegiatan islami. Berikut ini fakta-fakta royal wedding Pangeran Abdul Mateen yang menarik untuk disimak:

royal wedding Pangeran Abdul Mateen (Twitter)

Menggelar Khataman Al-Qur’an

Rangkaian acara pesta pernikahan Pangeran Abdul Mateen dengan Anisha Rosnah dimulai pada akhir pekan awal tahun ini. Kedua mempelai bersama keluarga menggelar acara Khataman Al-Qur’an pada Minggu (7/1).

Mempelai perempuan, Anisha Rosnah, memamerkan penampilan pertamanya sebagai pengantin. Foto keanggunan pasangan Pangeran Abdul Mateen tersebut diunggah di Instagram oleh desainer Teh Firdaus. Dalam caption postingan tersebut, desainernya mengaku merasa terhormat bisa dilibatkan dalam pernikahan kerajaan Brunei. 

Unggahan foto tersebut memperlihatkan Anisha yang tampil anggun mengenakan balutan baju kurung off-white dengan aksen bordir dan tenun. Aura kecantikan wajahnya makin terpancar dengan hijab bergaya Melayu dengan warna senada.

Upacara Berbedak Mandi

Setelah melaksanakan khatam Qur’an, kedua mempelai pengantin menggelar upacara Berbedak Mandi. Acara ini merupakan tradisi adat di Brunei yang biasa diselenggarakan saat mendekati hari pernikahan. 

Dalam Upacara Berbedak Mandi, mempelai pria dan wanita digosok oleh anggota keluarga dan kerabat mereka. Penggosokannya menggunakan bedak lulur tradisional yang menyimbolkan kesuburan dan kekayaan. 

Acara sakral ini digelar secara khidmat di Istana Nurul Iman. Anisha Rosnah sebagai pengantin perempuan mengenakan busana berwarna merah dan hiasan kepala yang menjuntai ke atas ketika melangsungkan upacara adat tersebut. Pangeran Mateen juga memakai busana adat pengantin berwarna merah. 

Pangeran Abdul Mateen dikawal sejumlah anggota kerajaan menuju Balai Singgahsana Indera Buana yang menjadi panggung royal wedding. Pemimpin Brunei Sultan Hassanal Bolkiah dan istrinya mengawali proses penorehan kepada anaknya. 

Anisha Rosnah berjalan ke panggung royal wedding diiringi oleh dayang-dayang. Ia kemudian duduk di panggung untuk menerima torehan bedak berwarna dan minyak wangi ke telapak tangannya. 

Rangkaian Acara Royal Wedding Pangeran Abdul Mateen

Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah mengucap ikrar suci pernikahan di Masjid Sultan Omar Ali pada Kamis (11/1). Keluarga kerajaan Brunei akan menggelar resepsi dan jamuan makan dengan tamu-tamu kehormatan pada 14 Januari mendatang. 

Berikut ini rangkaian acara royal wedding Pangeran Abdul Mateen putra Sultan Brunei Darussalam:

  • 7 Januari: Pembukaan rangkaian pernikahan dengan menggelar acara Majlis Istiadat Bersuruh Diraja
  • 8 Januari 2024: Menggelar acara Majlis Istiadat Membuka Gendang Jaga-Jaga.
  • 9 Januari 2024: Menggelar acara Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja.
  • 10 Januari 2024: Melaksanakan prosesi Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja
  • 11 Januari 2024: Melangsungkan acara Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja alias ijab kabul.
  • 14 Januari 2024: Digelar acara Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja.
  • 15 Januari 2024: Menggelar acara Majilis Persantapan Diraja.
  • 16 Januari 2024: Melaksanakan acara Majilis Istiadat Membaca Doa Selamat dan Menutup Gendang Jaga-Jaga

Demikianlah fakta-fakta royal wedding Pangeran Abdul Mateen yang tengah menjadi sorotan publik. Pesta pernikahan mewah di Kerajaan Brunei Darussalam tersebut bakal dihadiri oleh tamu-tamu agung dari berbagai negara. Baca juga profil Anisha Rosnah istri Pangeran Abdul Mateen.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi