Skandal Edit Foto, Kate Middleton Diduga Juga Manipulasi Foto Ratu Elizabeth

| 19 Mar 2024 22:25
Skandal Edit Foto, Kate Middleton Diduga Juga Manipulasi Foto Ratu Elizabeth
Foto Ratu Elizabeth dimanipulasi Kate Middleton (Instagram/royalfamily)

ERA.id - Kate Middleton kembali mendapat sorotan karena diduga mengubah foto keluarga yang dirilis oleh Istana Kerajaan. Skandal ini menyusul hasil suntingan foto Kate bersama anak-anaknya di Hari Ibu beberapa waktu lalu.

Gambar yang dimaksud adalah potret mendiang Ratu Elizabeth beserta cucu dan cicitnya yang diambil oleh Kate dan dirilis oleh Istana Buckingham pada hari ulang tahun raja yang ke-97 pada bulan April 2023.

Meskipun foto tersebut telah dipublikasikan selama hampir satu tahun, pada hari Senin (18/3/2024), Getty Images mengumumkan bahwa gambar tersebut telah dimanipulasi.

“Getty Images telah meninjau gambar tersebut dan menempatkan catatan editor di atasnya, yang menyatakan bahwa gambar tersebut telah disempurnakan secara digital dari sumbernya,” kata juru bicara Getty kepada The Telegraph, Selasa (19/3/2024).

Princess of Wales diketahui mengambil foto itu saat perjalanan keluarga ke Balmoral pada musim panas sebelumnya.

Dalam foto itu, terlihat duduk bersama Ratu, yang duduk di tengah sofa hijau, adalah anak-anak William dan Kate, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis bersama sepupu kerajaan mereka.

“Beberapa inkonsistensi” disorot oleh The Telegraph, termasuk garis vertikal di mana tartan rok mendiang Ratu tidak serasi dan pengulangan digital rambut Mia Tindall.

Outlet tersebut menunjukkan dan memperbesar enam perbedaan yang berbeda.

Berita ini muncul tepat setelah para ahli foto menemukan setidaknya 16 kesalahan pengeditan pada foto Hari Ibu bersama Kate dan anak-anaknya yang dia bagikan di media sosial untuk merayakan liburan di Inggris awal bulan ini.

Beberapa kesalahan nyata yang ditemukan dalam foto tanggal 10 Maret termasuk rambut Putri Charlotte yang dipotong secara aneh, lekukan dan distorsi, serta rambut Putri Kate tampak seperti disikat airbrush.

Kate kemudian menyampaikan permintaan maaf melalui media sosial atas kontroversi yang ditimbulkan oleh gambar yang diedit tersebut.

“Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas segala kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin. Saya harap semua orang yang merayakan Hari Ibu sangat bahagia,” tulisnya di X pada 11 Maret lalu.

Instagram juga menandai gambar tersebut, menambahkan peringatan bahwa postingan tersebut telah “diubah” dari versi aslinya.

Pada minggu yang sama, Pangeran Wales, menunjukkan dukungannya kepada istrinya saat jalan-jalan merayakan pembukaan zona pemuda baru BARAT di Hammersmith, London barat.

Kate dan William juga baru-baru ini tertangkap kamera muncul di sebuah toko pertanian.

Rekomendasi