Kontroversi Kate Middleton Terbaru soal Foto Editan Photoshop di Hari Ibu

| 18 Mar 2024 21:45
Kontroversi Kate Middleton Terbaru soal Foto Editan Photoshop di Hari Ibu
Kontroversi kate middleton (X)

ERA.id - Dibalik pesona dan gaya hidup glamornya, terdapat berbagai kontroversi Kate Middleton yang mewarnai perjalanan hidupnya sebagai anggota Keluarga Kerajaan Inggris.

Kate Middleton, Duchess of Cambridge, merupakan figur publik yang senantiasa menarik perhatian.

Namun berbagai kontroversi meliputi, mulai dari  isu keluarga, gaya hidup, hingga yang terbaru mengenai manipulasi foto.

Kontroversi Kate Middleton

Keluarga Kerajaan Inggris memang sudah terbiasa dengan skandal. Dari rumor perselingkuhan hingga perceraian. Namun, yang terbaru adalah foto Hari Ibu Kate Middleton.

Dilansir dari ABCNews, kontroversi foto seputar Kate Middleton terus memanas dan detail baru muncul mengenai waktu pengeditan pada foto keluarga (yang kemudian ditarik oleh kantor berita global karena dicurigai telah dimanipulasi).

File asli yang telah diedit dari foto yang dibagikan Kate, pada hari Minggu di media sosial menunjukkan bahwa foto tersebut diproses dua kali dengan Adobe Photoshop.

Menurut metadata file yang diperoleh ABC News, foto tersebut diproses di Photoshop pertama kali pada 8 Maret, pukul 9:54 malam waktu setempat. Kemudian diedit kembali pada 9 Maret, pukul 9:39 pagi waktu setempat.

Kate Middleton Muncul ke Publik Pasca Operasi Perut (Era)

Kate membagikan foto tersebut pada Hari Ibu di Inggris, bersama dengan pesan terima kasih kepada orang-orang atas ucapan baik dan dukungan mereka saat ia pulih dari operasi perut.

Perlu diketahui, sebelum foto tersebut beredar, Kate belum pernah terlihat dalam momen resmi sejak Hari Natal.

Sementara itu, Kate menambahkan postingan tersebut dengan huruf "C," yang merupakan singkatan dari nama lengkapnya, Catherine. Tanda tangan tersebut menunjukkan bahwa ia secara pribadi telah menyetujui.

Namun anehnya, hanya beberapa jam setelah foto tersebut dibagikan di media sosial dan didistribusikan oleh Istana Kensington, beberapa kantor berita global menarik foto tersebut.

Salah satu agensi, The Associated Press, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa mereka menarik foto tersebut karena setelah diperiksa lebih dekat, tampaknya foto telah dimanipulasi.

Manipulasi diketahui melalui ketidakkonsistenan pada keselarasan tangan kiri Putri Charlotte.

Permintaan maaf Kate Middleton

Kemudian pada hari Senin, Kate mengeluarkan permintaan maaf di media sosial dengan menulis:

"Seperti banyak fotografer amatir, saya terkadang bereksperimen dengan editing. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf atas kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin. Saya harap semua yang merayakan Hari Ibu memiliki Hari Ibu yang sangat menyenangkan."

Namun, permintaan maaf tersebut tidak meredakan kontroversi. Pada saat yang sama, teori konspirasi terus beredar tentang kesehatan Kate. Beberapa orang juga mempertanyakan apakah wajah Kate diedit ke dalam foto dari pemotretan lain.

Meskipun demikian, sebagian besar pakar kerajaan dan pakar verifikasi visual tampaknya juga setuju bahwa pengeditan pada foto Hari Ibu Kate tampak kecil. 

Hany Farid, seorang profesor ilmu komputer di University of California, Berkeley, mengatakan bahwa analisisnya terhadap foto menunjukkan manipulasi minor, dan tidak ada bukti bahwa itu adalah foto yang dibuat dengan AI.

"Saya pikir kemungkinan besar itu adalah photoshop yang buruk untuk, misalnya, menghilangkan noda di sweater, atau hasil dari pengkomposisian foto di kamera yang menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto di mana semua orang tersenyum," kata Farid. "Bagaimanapun, saya pikir ini tidak mungkin lebih dari manipulasi foto yang relatif minor."

Saat ini masih banyak publik belum puas dan penasaran, mengapa istana serta Pangeran William dan Kate bisa terjebak dalam kontroversi semacam itu. Sejak permintaan maaf Kate pada hari Senin, tidak ada komentar lebih lanjut dari istana maupun Pangeran William dan Kate tentang topik tersebut.

Selain kontroversi kate middleton, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi