Terkontaminasi Plastik dan Logam, Unilever Inggris Tarik Es Krim Magnum Almond

| 23 Apr 2024 18:20
Terkontaminasi Plastik dan Logam, Unilever Inggris Tarik Es Krim Magnum Almond
Unilever tarik es krim magnum almond (instagram/magnum)

ERA.id - Merek makanan terkenal Unilever menarik kembali Stik Es Krim Magnum Almond dari pasaran karena mengandung bahan-bahan yang tidak aman dikonsumsi manusia. Es Krim Magnum Almond yang ditarik dari pasaran itu disebut mengandung plastik dan logam.

Melansir dari Bloomberg, Unilever Inggris dan Irlandia menarik salah satu produk terkenalnya dari pasaran yakni Stik Es Krim Magnum Almond ukuran 3x100 ml setelah menemukan adanya plastik dan logam.

"Keselamatan orang-orang yang membeli dan menggunakan produk kami selalu menjadi prioritas nomor satu kami, itulah sebabnya kami menarik kembali produk-produk ini," bunyi pernyataan perusahaan.

Dalam pernyataannya, Unilever menjelaskan bahwa kontaminasi plastik dan logam yang tidak disengaja membuat produk tersebut tidak aman untuk dikonsumsi. Perusahaan juga meminta para pembeli untuk membuat laporan bila ditemukan hal-hal yang mengkhawatirkan.

Badan Standarisasi Keamanan Pangan (FSA) Inggris menjelaskan bahwa pelanggan yang tidak puas dapat mengembalikan Magnum berbahaya ke toko dan mengharapkan pengembalian dana penuh. Terkait daftar toko yang memiliki produk berbahaya itu, FSA mengatakan akan memasang papan pemberitahuan terkait hal itu.

"Pemberitahuan titik penjualan akan ditampilkan di semua toko ritel yang menjual produk ini. Pemberitahuan ini menjelaskan kepada pelanggan mengapa produk tersebut ditarik kembali dan memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan jika mereka telah membeli produk tersebut," ujar FSA.

Unilever tarik es krim magnum almond (X/@foodgov)
Unilever tarik es krim magnum almond (X/@foodgov)

Pemberitahuan tersebut menjelaskan penarikan tersebut kepada pelanggan, memberikan instruksi tentang cara melanjutkan. Unilever telah meyakinkan pembeli bahwa hanya produk yang dijual di Inggris dan Irlandia yang terkena dampaknya.

Magnum almond yang terkena dampak dikatakan diidentifikasi dengan Kode Batch L3338, L3339, L3340, L3341, L3342, dan tanggal Best Before 25/12 yang tercetak di sisi kotak.

"Tidak ada produk Magnum lainnya yang terpengaruh. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan terima kasih atas kerja sama Anda," ujar perusahaan.

Unilever bukan satu-satunya perusahaan yang melakukan penarikan produk karena adanya kemungkinan adanya logam yang dapat membahayakan makanan. Bulan lalu, Asda menarik kembali sekantong daun selada karena masalah keamanan.

Raksasa supermarket tersebut mengeluarkan peringatan bahwa bayam cincang Taj dapat mengandung potongan logam, dan mendesak pelanggan untuk mengembalikan pembelian mereka. Penarikan kembali berlaku untuk kemasan 450 gram dengan kode lot 144009 dan 144010, keduanya dengan tanggal terbaik sebelum 01-2026.

"Taj Foods menarik kembali Taj Cincang Bayam karena mungkin mengandung potongan logam. Kemungkinan adanya logam membuat produk ini tidak aman untuk dimakan. Produk yang terkena dampak hanya dijual di Asda dan Eden Farms," ujar FSA.

Rekomendasi