Cetak Sejarah Baru, Kate Middleton Terima Gelar Baru dari Kerajaan Inggris

| 24 Apr 2024 16:30
Cetak Sejarah Baru, Kate Middleton Terima Gelar Baru dari Kerajaan Inggris
Kate Middleton (instagram/theroyalfamily)

ERA.id - Kate Middleton membuat sejarah setelah menerima peran baru dari kerajaan Inggris. Dia ditunjuk sebagai Pendamping Kerajaan Ordo Sahabat Kehormatan oleh Raja Charles III.

Penobatan itu diberikan oleh Raja Charles III bertepatan dengan hari ulang tahun anak Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis, Selasa (23/4/2024) waktu setempat. Dalam sejarah, dia adalah Pendamping Kerajaan pertama yang diberi nama dalam ordo ini.

Menurut situs keluarga kerajaan Inggris dikutip People, Companion of Honor didirikan oleh Raja George V pada tahun 1917. Gelar ini adalah penghargaan khusus yang diberikan kepada mereka yang telah memberikan kontribusi besar pada seni, sains, kedokteran, atau pemerintahan dalam jangka waktu yang lama.

Penerima sebelumnya termasuk aktris Dame Maggie Smith, fisikawan Stephen Hawking, politisi John Major, musisi Elton John, Anna Wintour, Judi Dench, dan uskup Desmond Tutu.

Selain Kate, Pangeran William juga ditunjuk untuk menjadi Guru Besar Ordo Pemandaian Yang Paling Terhormat. Peran tersebut telah kosong sejak tahun 2022 setelah Raja Charles, yang memegang peran itu dari tahun 1974 hingga 2022 naik takhta.

Ordo Pemandian Yang Paling Terhormat didirikan oleh Raja George I pada tahun 1725 tetapi diyakini berasal dari abad kedelapan. Penghargaan ini diberikan kepada anggota militer atau pegawai negeri atas jasa teladan.

Ratu Camilla juga menerima penunjukan baru dari suaminya sebagai Grand Master dan First atau Principal Dame Grand Cross dari Ordo Paling Unggul Kerajaan Inggris.

Ordo Kerajaan Inggris didirikan oleh Raja George V pada tahun 1917 untuk menghormati lapisan masyarakat yang lebih luas, baik militer maupun sipil. Ini terdiri dari lima kelas, dua kelas paling senior menjadikan penerimanya seorang ksatria atau wanita.

Terkait gelar Grand Master, gelar ini sudah sebelumnya dipegang oleh pasangan raja Pangeran Philip (1953 hingga 2021) dan Ratu Mary (1936 hingga 1953). Raja Edward VIII, yang dikenal sebagai Adipati Windsor setelah turun takhta, menjabat sebagai Pangeran Wales dari tahun 1917 hingga 1936.

Penunjukan ini diberikan oleh Raja Charles III di tengah kondisi Kate Middleton yang sedang berjuang melawan kanker di tubuhnya. Kate sebelumnya mengumumkan dirinya didiagnosis kanker pada 22 Maret lalu.

Rekomendasi