Ngeri! Air Minum Merek Perrier Diduga Terkontaminasi Tinja, Nestle Hancurkan Dua Juta Botol

| 03 May 2024 22:15
Ngeri! Air Minum Merek Perrier Diduga Terkontaminasi Tinja, Nestle Hancurkan Dua Juta Botol
Pierrer (Dok. Istimewa)

ERA.id - Anak perusahaan Nestle, Perrier, menghancurkan dua juta botol air soda terkenalnya di Prancis. Penghancuran dua juta botol air soda ini diduga terkontaminasi bakteri tinja.

Perintah untuk penghancuran dua juta botol air soda Perrier ini muncul setelah perusahaan itu diselidiki secara kriminal karena diduga menggunakan cara ilegal untuk memurnikan air mineralnya.

Otoritas kesehatan di wilayah Occitanie di Perancis selatan mengatakan kepada Nestle Waters France untuk menghancurkan semua produksi Perrier dari 10 hingga 14 Maret dari salah satu sumbernya di dekat Nimes.

“Beberapa batch botol setara dengan beberapa ratus palet dihancurkan," menurut Nestlé, dikutip AFP, Jumat (3/5/2024).

Perusahaan belum menjelaskan secara spesifik jenis kontaminasi tersebut, namun meyakinkan bahwa semua botol yang ada di pasaran dapat dikonsumsi dengan cara yang benar-benar aman.

Kelompok ini telah menghadapi tuduhan perlakuan tidak patuh terhadap merek air Vittel, Contrex dan Hépar, serta merek Perrier. Perusahaan tersebut mengakui bahwa mereka mendisinfeksi air menggunakan lampu UV, penyaringan karbon, dan cara lain yang tidak diperbolehkan untuk air mineral alami.

Laporan tersebut mencatat bahwa penyimpangan mikrobiologis tepat waktu muncul setelah hujan sangat deras terkait dengan badai Monica yang melanda tenggara Prancis pada pertengahan Maret.

Sumur di Vergèze, dekat Nîmes telah menyediakan air untuk merek Perrier sejak dibuat pada tahun 1903.

"Kini wilayah tersebut menjadi sasaran pengawasan yang diperkuat atas permintaan pihak berwenang. Operasinya akan dilanjutkan pada waktu yang tepat di bawah kendali pihak berwenang," kata perusahaan.

Produsen air mineral tersebut mendapat tekanan sejak akhir Januari setelah mengaku menggunakan perawatan terlarang pada beberapa mereknya untuk menjaga kualitas.

Sejak awal April, mereka telah meningkatkan pengawasan terhadap pengeboran di Prancis di bawah kendali pihak berwenang. Sementara beberapa sumur ditutup tahun lalu di Vosges.

Pada tanggal 11 April, Senat Perancis meluncurkan misi pencarian fakta parlemen yang bertujuan untuk “menjelaskan kegagalan negara” dalam hal mengendalikan produsen air minum dalam kemasan.

Antoine de Saint-Affrique, direktur jenderal perusahaan makanan Prancis Danone, mengatakan pada rapat pemegang saham tahunan perusahaan tersebut pada hari Kamis bahwa sumber air mineral alaminya kini menghadapi pemantauan yang "sangat ketat".

Para pemegang saham telah mengajukan pertanyaan tentang langkah apa yang diambil di Danone, yang merek air mineralnya meliputi Evian, Volvic, dan Badoit.

Saint-Affrique mengatakan perusahaannya bekerja sama dengan petani dan industri lokal untuk mencegah kontaminasi di dekat sumber airnya.

Rekomendasi