Imbas Singgung Masalah Dugaan Korupsi Istri Presiden, Spanyol Tarik Permanen Dubes di Argentina

| 22 May 2024 16:30
Imbas Singgung Masalah Dugaan Korupsi Istri Presiden, Spanyol Tarik Permanen Dubes di Argentina
Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares (instagram/jmalbares)

ERA.id - Spanyol menegaskan penarikan duta besarnya untuk Argentina bersifat permanen. Hal ini lantaran perselisihan diplomatik antar dua negara yang semakin meningkat.

"Duta Besar akan tinggal secara permanen di Madrid," kata Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares, dikutip Al Jazeera, Rabu (22/5/2024).

Jose mengatakan Spanyol tidak tertarik untuk melakukan eskalasi apa pun dengan Argentina. Pihaknya berhak untuk mempertahankan martabat dan kedaulatan lembaga-lembaga Spanyol menyusul ketegangan dua negara.

“Kami tidak tertarik atau menginginkan eskalasi apa pun, namun merupakan kewajiban pemerintah untuk mempertahankan martabat dan kedaulatan lembaga-lembaga Spanyol, terutama ketika agresi terjadi di ibu kota Spanyol," tegasnya.

Pemerintah Spanyol menarik duta besarnya untuk Buenos Aires setelah Presiden sayap kanan Argentina Javier Milei melontarkan tuduhan korupsi terhadap istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez, dalam sebuah acara di Madrid.

“Para elit global tidak menyadari betapa destruktifnya penerapan ide-ide sosialisme bahkan jika Anda memiliki istri yang korup, katakanlah, itu menjadi kotor, dan Anda membutuhkan waktu lima hari untuk memikirkannya,” kata Milei saat itu.

Sementara itu, Sanchez menghabiskan lima hari bulan lalu untuk memikirkan masa depan politiknya setelah pengadilan membuka penyelidikan awal terhadap istrinya atas dugaan perdagangan pengaruh dan korupsi.

Perdana menteri menolak tuduhan terhadap Gomez sebagai bagian dari kampanye pelecehan politik oleh kekuatan sayap kanan.

Komentar Milei, seorang libertarian sayap kanan, muncul ketika Argentina dan Spanyol saling adu mulut dalam beberapa pekan terakhir mengenai berbagai masalah, termasuk penggunaan narkoba dan kemiskinan.

Rekomendasi