Biden Galau Soal Perang di Gaza, Ragukan Netanyahu Pakai Isu Politik

| 05 Jun 2024 15:00
Biden Galau Soal Perang di Gaza, Ragukan Netanyahu Pakai Isu Politik
Joe Biden (X/potus)

ERA.id - Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dia tidak menganggap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bermain-main dengan perang melawan Jalur Gaza. Biden juga memastikan Netanyahu tidak bermain politik dalam perang yang sedang berlangsung.

"Saya kira tidak. Dia sedang berusaha menyelesaikan masalah serius yang dia hadapi," kata Biden, dikutip Anadolu, Rabu (5/6/2024).

Pernyataan tersebut disampaikan di Gedung Putih usai konferensi pers mengenai tindakan eksekutif di perbatasan AS-Meksiko.

Komentar Biden muncul beberapa jam setelah rilis wawancara yang dia lakukan dengan majalah Time pada tanggal 28 Mei, di mana dia ditanya apakah dia yakin beberapa saran Israel bahwa Netanyahu memperpanjang perang demi mempertahankan diri politiknya adalah valid.

"Saya tidak akan berkomentar mengenai hal itu. Ada banyak alasan bagi orang-orang untuk mengambil kesimpulan itu," jawabnya.

Terkait tantangan politik yang dihadapi Netanyau sebelum perang berkecamuk, Biden mengatakan sulit untuk berkomentar soal hal tersebut. Hal ini karena Biden tidak tahu posisi Netanyahu dalam perdebatan internal dalam negeri Israel.

"Jadi ini adalah perdebatan internal dalam negeri yang sepertinya tidak ada konsekuensinya. Sulit untuk mengatakan apakah dia akan mengubah posisinya atau tidak, tetapi hal itu tidak membantu," tegasnya.

Rekomendasi