Pemegang Saham Pertahankan Akio Toyoda Jadi Ketua Toyota Meski Terlibat Skandal, Kenapa?

| 19 Jun 2024 18:10
Pemegang Saham Pertahankan Akio Toyoda Jadi Ketua Toyota Meski Terlibat Skandal, Kenapa?
Akio Toyoda (insatgram/akiotoyoda_official)

ERA.id - Pemegang saham Toyota Motor Corp. menyetujui proposal untuk memilih kembali ketua Akio Toyoda ke dalam dewan direksi. Penunjukan ini terjadi di tengah serangkaian skandal uji keselamatan dan mendesak adanya pemungutan suara dari penasihat investasi.

Pada rapat pemegang saham tahunan di kantor pusatnya di Prefektur Aichi, sembilan anggota dewan termasuk Presiden Koji Sato dan Wakil Ketua Shigeru Hayakawa juga diangkat kembali.

Skandal dan tata kelola perusahaan grup menjadi tema sentral dalam sesi tanya jawab pertemuan yang dihadiri 4.656 orang tersebut.

Jumlah peserta yang hadir meningkat sebanyak 882 orang dibandingkan tahun lalu meskipun cuaca sedang hujan, hal ini menunjukkan tingginya minat para pemegang saham terhadap masalah ini.

Dihadapkan dengan pertanyaan mengenai manajemennya, Toyoda membela pendekatannya, dengan mengatakan bahwa dia memastikan bahwa pengambilan keputusan diserahkan kepada generasi muda dan dia hanya bertindak sebagai penasihat.

"Saya akan memimpin reformasi sebagai orang yang bertanggung jawab atas seluruh kelompok," kata cucu pendiri Toyota tersebut, dikutip Kyodo News, Rabu (19/6/2024).

Sebelum pertemuan tersebut, firma penasihat AS, Institutional Shareholder Services, merekomendasikan agar pemegang saham menentang usulan perusahaan untuk menunjuk kembali Toyoda. Penentangan itu dikatakan bahwa eksekutif puncak tersebut bertanggung jawab atas kecurangan data keselamatan baru-baru ini di perusahaan-perusahaan grup.

Penasihat proksi AS lainnya, Glass Lewis, juga merekomendasikan penolakan pengangkatan kembali ketua karena alasan yang sama, begitu pula Hayakawa, yang mempertanyakan kinerjanya sebagai ketua rapat yang memutuskan penunjukan personel eksekutif.

Pengangkatan kembali Toyoda sudah diantisipasi secara luas mengingat popularitasnya di kalangan investor individu dan rekor keuntungan perusahaan pada tahun fiskal terakhir, serta kepemilikan silang selama bertahun-tahun dengan mitra bisnisnya.

Pada pertemuan tersebut, Sato berjanji bahwa grup otomotif terbesar di dunia akan meningkatkan kepatuhan sambil meminta maaf atas kasus penipuan uji kendaraan di Jepang.

"Kami mencoba mereformasi fondasi budaya perusahaan kami," kata Sato.

Anak perusahaan Toyota yang memproduksi truk, Hino Motors Ltd., mengaku melakukan kecurangan dalam data emisi dan efisiensi bahan bakar pada tahun 2022. Sementara unit pembuat mobil kecilnya, Daihatsu Motor Co., mengatakan pada tahun berikutnya bahwa data keselamatan untuk sebagian besar mobilnya telah dimanipulasi.

Pada bulan Januari tahun ini, afiliasi Toyota Industries Corp. mengungkapkan bahwa data mesin telah dipalsukan selama bertahun-tahun. Bulan ini, Toyota mengatakan mereka tidak sepenuhnya mengikuti standar pemerintah untuk uji tabrakan dan kendaraan lainnya serta melakukan kecurangan pada data keluaran mesin untuk tujuh modelnya.

Kementerian Perhubungan telah memerintahkan larangan pengiriman pada tiga model yang saat ini ada di pasaran yang terkena dampak. Semua model yang terkena dampak diluncurkan ketika Toyoda menjabat sebagai presiden sebelumnya.

Rekomendasi