Pabrik Baterai di Korea Selatan Kebakaran, Puluhan Orang Terjebak di Gedung

| 24 Jun 2024 13:00
Pabrik Baterai di Korea Selatan Kebakaran, Puluhan Orang Terjebak di Gedung
Pabrik baterai Korsel kebakaran (Dok. Yonhap)

ERA.id - Sebuah kebakaran besar terjadi di pabrik pembuatan baterai utama di selatan Seoul, Korea Selatan, Senin (24/6). Kebakaran itu menewaskan sedikitnya satu karyawan dan puluhan lainnya belum ditemukan.

Petugas pemadam kebakaran Kim Jin-young mengatakan pihaknya belum bisa masuk ke dalam lokasi kebakaran untuk melakukan penyelamatan. Hal ini lantaran kobaran api belum bisa dipadamkan.

"Kami masih belum bisa masuk ke dalam dan melakukan operasi penyelamatan. Kami akan melaksanakannya setelah api dapat dikendalikan," kata Kim Jin-young, dikutip Yonhap News, Senin (24/6/2024).

Kebakaran terjadi di pabrik pembuat baterai litium Aricell di Hwaseong, 45 kilometer selatan Seoul, sekitar pukul 10.30 pagi waktu setempat.  

Pekerja yang meninggal tersebut dibawa ke rumah sakit setelah menderita serangan jantung, sementara seorang lainnya terluka parah dan dua lainnya menderita luka ringan.

"Dua puluh satu pekerja belum ditemukan saat ini. Kami berencana melacak keberadaan mereka melalui kontak yang diberikan oleh perusahaan," ujarnya.

Dari gambar yang dibagikan media lokal, gumpalan besar asap berwarna abu-abu membumbung ke langit di atas pabrik dengan api berwarna oranye di dalam gedung. Puluhan mobil pemadam kebakaran terlihat di luar berusaha untuk memadamkan api.  

Sementara itu, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengeluarkan instruksi darurat kepada pihak berwenang. Yoon meminta mereka untuk memobilisasi semua personel dan peralatan yang tersedia untuk fokus pada pencarian dan penyelamatan orang.

Presiden juga memperingatkan pihak berwenang bahwa mereka harus menjamin keselamatan petugas pemadam kebakaran mengingat cepatnya penyebaran api.

Kebakaran dilaporkan terjadi tanpa sebab yang diketahui di gedung beton bertulang tiga lantai dengan total luas lantai sekitar 2.300 meter persegi. Petugas pemadam kebakaran dilaporkan mengalami kesulitan untuk memadamkan api sepenuhnya karena baterai litium yang terbakar sulit ditangani dengan metode pemadaman api konvensional.

Korea Selatan adalah produsen utama baterai, termasuk yang digunakan pada kendaraan listrik. Pembuat baterainya memasok pembuat kendaraan listrik di seluruh dunia, termasuk Tesla.

Rekomendasi