Ilmuan Rusia Otopsi Serigala Berusia 44.000 Tahun, Klaim yang Pertama di Dunia

| 02 Jul 2024 17:30
Ilmuan Rusia Otopsi Serigala Berusia 44.000 Tahun, Klaim yang Pertama di Dunia
Serigala purba (Dok. North-Eastern Federal University)

ERA.id - Ilmuan Rusia melakukan otopsi terhadap seekor serigala yang sudah membeku selama 44.000 tahun. Para ilmuan mengklaim temuan itu menjadi yang pertama di dunia.

"Ini adalah penemuan predator Pleistosen akhir yang pertama di dunia. Umurnya sekitar 44.000 tahun, dan belum pernah ada temuan seperti itu sebelumnya," kata kepala departemen studi fauna mamut di Yakutia Academy of Sciences, Albert Protopopov, dikutip Reuters, Selasa (2/7/2024).

Menurut laporan, serigala itu ditemukan oleh penduduk setempat di distrik Abyyskiy Yakutia pada tahun 2021. Sejak ditemukan, tubuh serigala itu baru sekarang diperiksa secara menyeluruh oleh para ilmuan.

Wilayah Yakuita terletak di antara Samudera Arktik dan di timur jauh Arktik Rusia yang memiliki rawa dan hutan luas seukuran Texas, sekitar 95 persen di antaranya tertutup lapisan es. Suhu musim dingin di wilayah ini diketahui turun hingga minus 64 derajat Celcius.

"Biasanya hewan herbivoralah yang mati, tersangkut di rawa, membeku, dan mencapai kita secara keseluruhan. Ini pertama kalinya hewan karnivora berukuran besar ditemukan," jelasnya.

Meskipun bukan hal yang aneh untuk menemukan bangkai hewan berusia ribuan tahun terkubur jauh di dalam lapisan es, yang perlahan mencair karena perubahan iklim, serigala itu dinilai istimewa.

"Ia adalah predator yang sangat aktif, salah satu yang berukuran lebih besar. Sedikit lebih kecil dari singa gua dan beruang, namun ia merupakan predator yang sangat aktif dan berpindah-pindah, dan ia juga merupakan pemakan bangkai," ujarnya.

Bagi Artyom Nedoluzhko, direktur pengembangan laboratorium paleogenetika di Universitas Eropa St Petersburg, sisa-sisa serigala menawarkan wawasan langka tentang Yakutia 44.000 tahun lalu.

"Tujuan utamanya adalah untuk memahami apa yang dimakan serigala ini, siapa sebenarnya, dan bagaimana hubungannya dengan serigala purba yang menghuni bagian timur laut Eurasia," pungkasnya.

Rekomendasi