Jepang Wajibkan Mobil Baru Punya Teknologi Akselerasi, Cegah Kesalahan Fatal Akibat Pedal Gas

| 08 Jul 2024 19:10
Jepang Wajibkan Mobil Baru Punya Teknologi Akselerasi, Cegah Kesalahan Fatal Akibat Pedal Gas
Jepang buat aturan akselerasi (freepik/standret)

ERA.id - Pemerintah Jepang akan mewajibkan semua mobil baru memiliki teknologi yang mencegah akselesasi secara mendadak. Keputusan ini menyusul semakin banyaknya orang lanjut usia di Jepang.   

"Jepang telah mengusulkan untuk menjadikannya standar internasional sejak tahun 2022. Kami akan mempersiapkan peraturan baru dan berusaha meningkatkan keselamatan mobil," kata Menteri Transportasi Tetsuo Saito, dikutip Kyodo News, Senin (8/7/2024).

Teknologi tersebut akan menekan akselerasi, yang akan membuat mobil berhenti atau melambat meskipun pengemudi menginjak pedal gas pada jarak 1 hingga 1,5 meter dari benda besar. Apabila tabrakan sulit dihindari, mobil akan melambat hingga kurang dari 8 kilometer per jam.

Teknologi ini akan tersedia di mobil keluaran baru yang bisa diaktifkan oleh pengendara. Saat teknologi ini diaktifkan akan menampilkan peringatan, seperti 'Lepaskan pedal akselerator'.

Kementerian tersebut akan merevisi peraturannya setelah peraturan PBB secara resmi disetujui pada bulan November tahun ini, yang mengharuskan model-model otomatis baru untuk memasang teknologi tersebut terlebih dahulu sebelum diperluas ke mobil-mobil baru untuk model-model yang sudah ada.

Akan tetapi, mobil dengan sistem stick-shift dikecualikan dari aturan baru ini karena kecil kemungkinannya menyebabkan kecelakaan akibat salah menginjak pedal.

Rata-rata mobil baru di Jepang sudah dilengkapi dengan teknologi serupa, dan beberapa produsen mobil juga menjual produk yang dapat dipasang pada mobil yang sudah ada.

Menurut Institut Penelitian dan Analisis Data Kecelakaan Lalu Lintas, di Jepang terdapat 3.110 kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi yang salah menginjak pedal gas sebagai rem pada tahun 2023, yang menyebabkan 38 kematian dan 4.343 cedera.

Rekomendasi