Tertarik Punya Hubungan Bilateral dengan AS, Belarus Sebut Joe Biden Sering Hindari Pembicaraan

| 16 Jul 2024 10:10
Tertarik Punya Hubungan Bilateral dengan AS, Belarus Sebut Joe Biden Sering Hindari Pembicaraan
Belarus (Antara)

ERA.id - Belarus tertarik untuk membangun hubungan bilateral dengan Amerika Serikat yang dinilai selalu tertunda. Penundaan ini disebabkan oleh Presiden AS Joe Biden yang selalu menghindari dialog dengan Belarus.

"Hubungan kami saat ini berada dalam keadaan tertunda, beku. Bukan kesalahan kami karena pemerintahan (Biden) menghindari kontak dan dialog substansial dengan kami. Dialog ini sangat terbatas," kata kuasa usaha Belarus di AS Pavel Shidlovsky, dikutip Antara, Selasa (16/7/2024).

Diplomat tersebut mengatakan bahwa dia melihat beberapa prospek untuk kerja sama dan bahwa Minsk siap untuk interaksi yang normal dan konstruktif berdasarkan kerja sama yang saling menguntungkan dan sikap konstruktif terhadap Belarus.

"Kami perlu membangun dialog yang substansial. Sayangnya, Washington enggan terlibat dalam kontak semacam itu, membuat kami memenuhi tuntutan yang diketahui tidak mungkin. Itulah sebabnya hubungan berada dalam keadaan seperti ini," jelasnya.

Selain itu, Shidlovsky juga mengatakan bahwa Belarus memiliki kemauan politik untuk memfasilitasi hubungan tersebut karena selalu melihat AS sebagai mitra penting dan prospektif.

Diplomat Belarus terutama berinteraksi dengan komunitas ahli AS, badan amal, dan mitra yang berpikiran sama yang memiliki pandangan yang tidak bias tentang Belarus dan yang mendukung sikap Minsk terhadap konflik Ukraina.

Rekomendasi