Dominasi Suara Delegasi Partai Demokrat, Kamala Harris Melenggang Jadi Capres Terkuat

| 03 Aug 2024 13:00
Dominasi Suara Delegasi Partai Demokrat, Kamala Harris Melenggang Jadi Capres Terkuat
Kamala Harris (X/KamalaHarris)

ERA.id - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris memperoleh restu dari Partai Demokrat untuk diusung sebagai calon presiden Amerika Serikat mendatang. Harris mendominasi suara dari delegasi konvesi Partai Demokrat dan mengamankan nominasi presiden dari partai tersebut.

Ketua Komite Nasional Demokrat Jaime Harrison mengatakan suara yang dikumpulkan Kamala Harris melewati ambang batas 2.350 suara delegasi untuk nominasi presiden Partai Demokrat. Perolehan itu berhasil dia kumpulkan kurang dari dua minggu setelah Biden mundur dari ajang pemilihan presiden 2024.

"Dengan bangga saya memastikan bahwa Wakil Presiden Harris telah meraih lebih dari mayoritas suara delegasi konvensi dan akan menjadi calon presiden Partai Demokrat setelah penutupan pemungutan suara pada Senin," kata Harrison, dikutip Reuters, Sabtu (3/8/2024).

"Anda mengembalikan petisi nominasi Anda dengan kecepatan kilat. Anda membuat suara Anda didengar. Dan apa yang Anda katakan sudah jelas: Kami tidak akan mundur. Kami harus mengirim Kamala Harris ke Gedung Putih. Anda menunjukkan dedikasi dan komitmen Anda terhadap proses ini," imbuhnya.

Pemungutan suara virtual DNC untuk 4.700 delegasi dimulai pada Kamis (1/8)  pukul 09:00 pagi waktu setempat dan akan berakhir pada Senin, 5 Agustus pukul 06:00 sore waktu setempat.

Harris mencalonkan diri untuk nominasi presiden tanpa lawan. Pengumuman ini dikeluarkan menjelang Konvensi Nasional Demokrat (DNC) di Chicago pada 19-22 Agustus.

Rekomendasi