Jeanne Calment, Manusia Tertua yang Pernah Dicatat Sejarah, Ternyata Ini Rahasianya

| 05 Sep 2024 20:33
Jeanne Calment, Manusia Tertua yang Pernah Dicatat Sejarah, Ternyata Ini Rahasianya
Jeanne Calment. (Foto: Voici)

ERA.id - Menurut catatan Guinness World Record, manusia tertua di dunia sepanjang sejarah bernama Jeanne Louise Calment atau Jeanne Calment. Jeanne lahir pada 21 Februari 1875 di Arles, Perancis dan tutup usia pada usia 122 tahun 164 hari pada tanggal 4 Agustus 1997.

Kehidupan Jeanne Calment

Jeanne sendiri sempat melihat proses pembangunan Menara Eiffel. Jeanne lahir di tengah-tengah keluarga kelas menengah di Arles. Pada tahun 1896, Jeanne menikah dengan sepupunya yang kaya raya Bernama Fernand Nicolas Calment. Pernikahannya menjadikan Jeanne tidak perlu susah payah bekerja dan hidup tenang sepanjang usianya.

Namun, Jeanne menjalani kehidupan yang aktif. Pada masa mudanya, Jeanne menggunakan waktunya dengan bersepeda, tennis, bermain sepatu roda. Gaya hidupnya itulah yang menjadikan kesehatannya semakin prima. Bahkan, di usianya yang ke-85 tahun, Jeanne mencoba olahraga anggar. Dan pada usia 100 tahun, dia bahkan masih aktif bersepeda.

Dia baru berhenti berjalan setelah tulang pahanya patah di usia 115 tahun. Selain gaya hidup aktif, Jeanne juga selalu menjaga pola makan sehat dengan menggunakan minyak zaitun. Bahkan, minyak ini juga ia gunakan sebagai pelembap kulit. Meski begitu, Jeanne juga menjalani pola hidup kurang sehat seperti merokok sejak usia 21 tahun. Dia baru berhenti merokok saat berusia 117 tahun.

Jeanne Calment. (Foto: Adevarul)

Menyaksikan kepergian orang terkasih

Usia panjang tentunya tidak selalu melahirkan kesenangan atau kebahagiaan. Jeanne menyaksikan sendiri bagaimana orang-orang terkasihnya meninggalkan dirinya satu per satu. Suaminya meninggal pada usia 73 tahun karena keracunan buah ceri. Anak perempuan Jeanne, Yvonne meninggal karena pneumonia di tahun 1934. Adapun cucu laki-lakinya, Frederic meninggal karena kecelakaan mobil tahun 1963. Namun demikian, banyak orang meragukan kebenaran usia Jeanne. Beberapa orang bahkan memiliki pendapat bahwa Jeanne bertukar identitas dengan putrinya, Yvonne.

Sampai pada akhirnya, beberapa penelitian membantah hal tersebut. Penelitian yang terbit dalam Journals of Gerontology: Medical Sciences tahun 2019 berhasil membuktikan usia Jeanne Calment benar-benar 122 tahun dari berbagai bukti dokumentasi yang konsisten sepanjang hidupnya. Dokumen tersebut antara lain berupa catatan kelahiran sipil dan gereja, dokumen sensus yang diambil selama hidupnya, catatan notaris, serta artikel koran.

Jeanne juga dikenal oleh komunitas setempat jauh sebelum dia berumur 100 tahun. Hal tersebut memperkuat klaim bahwa dirinya merupakan orang yang sama dengan yang tercatat lahir pada 1875. Studi lain yang terbit tahun 2020 di jurnal Rejuvenation Research juga mendukung bukti-bukti tersebut.

Dalam riset tersebut, Jeanne disebutkan mampu mengingat dengan jelas detail-detail dari abad ke-19 dan nama-nama kenalannya, yang tidak mungkin dikenali oleh Yvonne.

Selain itu, analisis tulisan tangan dan tanda tangan Jeanne dari tahun 1896 hingga 1992 memperlihatkan konsistensi yang sulit dipalsukan.

Apa rahasia umur panjang Jeanne Calment?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Jeanne memiliki gaya hidup aktif dan menjaga agar pola makannya tetap sehat. Namun, secara genetik, Jeanne juga memiliki riwayat keluarga yang juga berumur panjang. Rata-rata usia kematian leluhurnya meningkat 10 persen setiap generasi. Hal ini menyimpulkan adanya akumulasi faktor-faktor genetik yang mendukung umur panjangnya.

Dalam wawancaranya dengan beberapa jurnalis, Jeanne mengatakan jiwa yang positif dan optimis juga memberikan kontribusi dalam hidup panjangnya. Dia juga merasa selera humornya sangat berperan besar bagi umurnya yang panjang. Hingga saat ini, Jeanne Calment adalah manusia dengan usia terpanjang yang pernah dicatat dalam sejarah.

Adapun pelajaran berharga yang bisa dicontoh dari kehidupan Jeanne yaitu kombinasi genetik, sikap hidup yang positif, gaya hidup sehat, dan selera humor yang baik. Apakah Anda termasuk salah satu yang ingin berumur panjang?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi