Jerman Salurkan 100.000 Dosis Vaksin Mpox ke Afrika, Bantu Tangani Wabah yang Meluas

| 27 Aug 2024 13:15
Jerman Salurkan 100.000 Dosis Vaksin Mpox ke Afrika, Bantu Tangani Wabah yang Meluas
Vaksin mpox dari Jerman (Freepik/stefamerpik)

ERA.id - Pemerintah Jerman akan memberikan sumbangan vaksin mpox sebanyak 100.000 dosis untuk membantu Afrika melawan wabah tersebut.

"Pemerintah akan menyediakan Organisasi Kesehatan Dunia dengan sumber daya keuangan yang fleksibel melalui berbagai instrumen untuk memerangi mpox dan juga mendukung mitranya di Afrika melalui aliansi vaksinasi GAVI," kata juru bicara pemerintah, dikutip Reuters, Selasa (27/8/2024).

Jerman diketahui memiliki sekitar 117.000 dosis Jynneos, yang sedang ditimbun oleh tentara Jerman setelah Berlin mendapatkannya pada tahun 2022. Stok itu akan disimpan dalam jumlah minimum untuk melindungi otoritas yang bepergian.

Juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan Jerman akan membicarakan lebih lanjut soal pemesanan ulang vaksin mpox.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan mpox sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat global setelah wabah di Republik Demokratik Kongo menyebar ke negara-negara tetangga dan bentuk virus baru, klade 1b, memicu kekhawatiran tentang kecepatan penularan.

Pemerintah sedang mencari cara tercepat untuk mengirimkan vaksin ke negara-negara yang terkena dampak, terutama Republik Demokratik Kongo, tetapi juga Burundi dan negara-negara tetangga di Afrika Timur, menurut juru bicara kementerian luar negeri.

Rekomendasi