Ukraina Kehilangan Jet Tempur F-16 Pertama, Pilot Tewas Seketika

| 30 Aug 2024 07:35
Ukraina Kehilangan Jet Tempur F-16 Pertama, Pilot Tewas Seketika
Jet tempur F-16 (Dok. Istimewa)

ERA.id - Ukraina mengonfirmasi jatuhnya jet tempur F-16 yang dikirimkan oleh negara-negara Barat. Jet tempur F-16 yang jatuh itu menjadi yang pertama dan menewaskan pilot yang mengendarainya.

"Saat mendekati target, komunikasi terputus dengan salah satu F-16. Ternyata kemudian, pesawat itu jatuh, dan pilotnya tewas," kata staf umum Ukraina dalam sebuah pernyataan, dikutip Anadolu, Jumat (30/8/2024).

Staf itu menambahkan bahwa sebuah komisi khusus dibentuk guna menyelidiki insiden tersebut, yang saat ini berada di lokasi kecelakaan.

Sebelumnya, laporan media mengatakan F-16 itu jatuh karena kesalahan pilot.

Penggunaan jet tempur F-16 itu pertama kali dilakukan pada Senin lalu untuk menangkis serangan Rusia. Penggunaan ini pun dikonfirmasi langsung oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

Ukraina sebelumnya menerima jet tempur F-16 dari Amerika Serikat sesuai dengan janji yang diucapkan oleh Presiden AS Joe Biden. Tak tanggung-tanggung, Ukraina bahkan menerima 10 jet tempur F-16 dari 79 unit yang dijanjikan.

Tak berselang lama, Ukraina kembali menerima pasokan jet tempur F-16 dari negara sekutunya di Eropa, yaitu Belanda. Begitu juga dengan Denmark yang berjanji akan mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina untuk melawan Rusia.

Rekomendasi