Menteri Pendidikan Korsel: 799 Siswa dan 31 Guru Jadi Korban Deepfake

| 30 Sep 2024 17:10
Menteri Pendidikan Korsel: 799 Siswa dan 31 Guru Jadi Korban Deepfake
Ratusan siswa Korsel jadi korban deepfake (Freepik)

ERA.id - Kementerian Pendidikan Korea Selatan mengungkapkan 799 siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas menjadi korban video deepfake tahun ini. Data itu juga menunjukkan 31 guru turut menjadi korban kejahatan tersebut.

Berdasarkan hasil survei terbaru kementerian itu, terungkap bahwa 833 orang menjadi korban video deepfake antara 1 Januari dan 27 Oktober, termasuk tiga karyawan sekolah.

Dari periode tersebut, 504 laporan kerusakan diajukan ke sekolah, termasuk 279 dari sekolah menengah atas dan 209 dari sekolah menengah pertama.

"Dari total kasus, 417 telah dirujuk ke pihak berwenang untuk diselidiki, termasuk 223 dari sekolah menengah atas, sementara 218 telah dirujuk untuk dihapus," demikian survei tersebut sebagaimana dikutip Yonhap News, Senin (30/9/2024).

Kejahatan deepfake yang melanda Korea Selatan meningkat dalam beberapa minggu terakhir yang terungkap dari jaringan ruang obrolan Telegram. Kejahatan itu dibuat di dalam sekolah dan universitas yang mengincar para siswa dan staf perempuan.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengecam kejahatan deepfake itu dan mendesak kementerian terkait mengambil langkah tegas.

"Masalah deepfake telah memicu kekhawatiran yang meluas, terutama di kalangan perempuan, karena merupakan kejahatan serius yang merusak keharmonisan sosial. Saya telah mendesak kementerian terkait untuk mengambil tindakan tegas," kata Yoon.

Menyusul seruan itu, kepolisian nasional Korea Selatan mengucurkan dana hampir 7 juta dolar AS atau sekitar Rp106 miliar untuk memerangi kejahatan deepfake dan penipuan digital.

Rekomendasi