Tiba di Rusia Hadiri KTT BRICS, Menlu Sugiono Serukan Pentingnya Perdamaian dan Keadilan

| 23 Oct 2024 12:30
Tiba di Rusia Hadiri KTT BRICS, Menlu Sugiono Serukan Pentingnya Perdamaian dan Keadilan
Menlu Sugiono tiba di Rusia (Dok: Courtesy of Viory)

ERA.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Sugiono, tiba di Rusia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus di Kazan, Rusia, pada 23-24 Oktober. Menlu Sugiono akan menyerukan pentingnya perdamaian dan keadilan.

Kunjungan Menlu Sugiono ke Rusia ini merupakan lawatan pertamanya setelah resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri RI. Menlu Sugiono diutus langsung oleh Presiden Prabowo Subianto untuk menghadiri KTT BIRCS tersebut.

"Indonesia akan menyuarakan pesan penting perdamaian serta menyerukan pentingnya negara-negara berkembang dan Global South untuk bersatu, meningkatkan solidaritas, serta memainkan peran pentingnya dalam menciptakan tatanan dunia yang lebih inklusif, adil, dan setara," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, dikutip Rabu (23/10/2024).

Kehadiran Menlu Sugiono dalam KTT BRICS ini juga menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus berperan aktif dalam forum-forum internasional dan memperkuat hubungan dengan seluruh negara termasuk negara-negara anggota BRICS.

Diketahui forum BRICS dibentuk oleh Brasil, Rusia, India, RRT, serta Afrika Selatan. Seiring berjalannya waktu, sejumlah negara turut bergabung mulai dari Mesir, Ethiopia, Iran, dan UAE.

Di sisi lain, Indonesia dalam beberapa tahun terakhir diundang untuk menghadiri forum BRICS. Begitu pula tahun ini di bawah Menlu baru, Sugiono, Indonesia kembali mendapat kesempatan untuk hadir di KTT BRICS.

Selain akan menghadiri KTT BRICS, Menlu Sugiono juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan sejumlah negara sahabat untuk membahas isuisu bilateral, kawasan dan global.

Rekomendasi