Ledakan di Beirut Lebanon Berasal dari Gudang Kimia

| 05 Aug 2020 08:01
Ledakan di Beirut Lebanon Berasal dari Gudang Kimia
Lokasi Ledakan (Aljazeera)

ERA.id - Sebuah ledakan besar di dekat pusat Beirut menewaskan sedikitnya 10 orang dan menciptakan goncangan ke penjuru ibu kota Lebanon itu, menghancurkan kaca di rumah-rumah penduduk dan menyebabkan balkon apartemen runtuh, kata saksi mata dan sumber-sumber keamanan.

Ledakan itu terjadi di daerah pelabuhan kota itu, di mana terdapat gudang-gudang yang menampung bahan peledak, kantor berita resmi Lebanon NNA dan dua sumber keamanan mengatakan.

Sumber keamanan ketiga mengatakan terdapat bahan kimia yang disimpan di daerah itu.

Rekaman ledakan yang beredar di publik melalui media sosial menunjukkan asap naik dari distrik pelabuhan yang diikuti oleh ledakan besar. Mereka yang merekam apa yang awalnya tampak seperti kobaran api besar kemudian dikejutkan oleh ledakan itu.

Lokasi Ledakan (Aljazeera)

Setidaknya 10 jenazah dibawa ke rumah sakit dan masih akan terus bertambah.

Tidak segera jelas apa yang menyebabkan kobaran api yang memicu ledakan atau jenis bahan peledak yang ada di gudang itu.

"Saya melihat bola api dan asap mengepul di atas Beirut. Orang-orang berteriak dan berlari, berdarah. Balkon-balkon beterbangan dari bangunan. Kaca di gedung-gedung tinggi hancur dan jatuh ke jalan," kata seorang saksi mata seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/8/2020).

Informasi yang dihimpun, lokasi ledakan adalah gudang bahan kimia amonium nitrat. Hingga kini proses evakuasi masih terus berlangsung.

Tags : ledakan
Rekomendasi