Round Up: 'Keganasan' Ledakan Amonium Nitrat di Lebanon

Tim Editor

Lokasi Ledakan (Aljazeera)

ERA.id - Ledakan dahsyat di Beirut, ibu kota Lebanon menghancurkan pemukiman dan gedung di sekitarnya. Peristiwa itu terjadi di daerah pelabuhan yang menjadi gudang tempat penyimpanan bahan peledak. 

Rekaman video menunjukkan asap naik dari distrik pelabuhan yang diikuti ledakan besar. Simak berita selengkapnya: Ledakan di Beirut Lebanon Berasal dari Gudang Kimia.

Ledakan tersebut berasal dari gudang yang menyimpan 2.750 amonium nitrat selama enam tahun. Amonium nitrat adalah bahan utama dalam pupuk, campuran pembeku dan beberapa jenis bahan peledak.

Pupuk Amonium Nitrat (Geograph)

Meski begitu, pemerintah Lebanon masih akan menginvestigasi sebab bahan tersebut disimpan tanpa ada langkah pencegahan. Berikut artikel lengkapnya: Ribuan Ton Amonium Nitrat Sudah Tersimpan 6 Tahun di Gudang yang Meledak di Lebanon

Sebenarnya apa sih amonium nitrat? Amonium nitrat adalah zat kristalin yang tak berbau yang biasanya dipakai sebagai bahan pupuk, serta menjadi penyebab sejumlah ledakan dalam beberapa dekade terakhir.

Pada tahun 2013, sebuah pabrik pupuk di Texas meledak, menewaskan 15 orang. Sementara pada tahun 2001 di Toulouse, Perancis, sebuah pabrik bahan kimia meledak dan menewaskan 31 orang.

Yuk, kenali amonium nitrat lebih dalam. Baca artikel berikut: Amonium Nitrat, Bahan Pupuk yang Memporak Porandakan Beirut

Tag: ledakan round up

Bagikan: