Korban Tewas Akibat Ledakan di Beirut Capai 100 Orang

| 05 Aug 2020 15:17
Korban Tewas Akibat Ledakan di Beirut Capai 100 Orang
Warga Beirut (Aljazeera)

ERA.id - Korban tewas akibat ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa telah mencapai 100 orang dan ada lebih banyak korban lainnya berada di bawah puing-puing bangunan yang runtuh.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/8/2020), Kepala Palang Merah Lebanon George Kettaneh mengatakan, pihak Palang Merah sedang berkoordinasi dengan kementerian kesehatan untuk mengambil jenazah korban karena para petugas dari rumah sakit kewalahan menanganinya.

Sebelumnya, sebuah ledakan besar di dekat pusat Beirut menciptakan goncangan ke penjuru ibu kota Lebanon itu, menghancurkan kaca di rumah-rumah penduduk dan menyebabkan balkon apartemen runtuh.

Ledakan itu terjadi di daerah pelabuhan kota itu, di mana terdapat gudang-gudang yang menampung bahan peledak. Selain itu, terdapat bahan kimia yang disimpan di daerah itu.

Video ledakan yang beredar di publik melalui media sosial menunjukkan asap naik dari distrik pelabuhan yang diikuti oleh ledakan besar. Mereka yang merekam apa yang awalnya tampak seperti kobaran api besar kemudian dikejutkan oleh ledakan itu.

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan sebanyak 2.750 ton amonium nitrat ditimbun selama enam tahun di gudang pelabuhan tersebut.

Aoun menyebut bahwa penimbunan zat kimia bersifat eksplosif tersebut tidak dapat diterima, karena dilakukan secara serampangan tanpa memperhatikan aspek keamanan.

Amonium nitrat adalah senyawa kimia yang biasa digunakan untuk pupuk dan menjadi campuran zat dalam konstruksi pertambangan.

Aoun meminta kabinet pemerintahan menggelar rapat darurat terkait ledakan ini pada Rabu, serta mengatakan status darurat selama dua pekan harus segera diumumkan.

Sementara itu, otoritas setempat Beirut menyebut kemungkinan korban meninggal dunia masih akan terus bertambah seiring dengan proses evakuasi oleh petugas yang mencari korban di bawah reruntuhan bangunan.

Tags : ledakan
Rekomendasi