Cek Fakta Foto-Foto Hoaks Ledakan di Beirut, Lebanon

Tim Editor

Akun facebook @NicBee klaim unggah ledakan di Beirut (Dok. Facebook)

ERA.id - Akun facebook @NicBee membagikan tiga foto yang diklaim sebagai foto ledakan di Beirut, Lebanon. Berikut narasi dari postingan tersebut: 

"Terjadinya ledakan dahsyat di Beirut ternyata di lokasi kejadian terdapat gudang penyimpanan 2.750 ton amonium nitrat".

Setelah ditelusuri dengan mesin pencari gambar Google, mengutip turnbackhoax.id, foto tersebut tak sesuai konteks. Sebab foto serupa pernah diunggah dalam artikel yang berjudul "North Korea Blows Up Liaison Office Used For Talks With South Korea" pada 16 Juni 2020.

Dok. Turnbackhoax.id

Isi artikel tersebut menjelaskan soal Korea Utara meledakan kantor penghubung Kaesong, yang merupakan sarana penghubung untuk melakukan pembicaraan dengan Korea Selatan.

Lalu foto beberapa mobil terbakar juga merupakan foto lama. Foto tersebut pernah diunggah hurriyetdailynews.com dalam artikel "Lebanon police intelligence chief killed by Beirut car bomb" pada Oktober 2012. Artikel tersebut menjelaskan kejadian tersebut benar terjadi di Beirut, Lebanon, namun bukan merupakan dokumentasi dari insiden ledakan yang baru-baru ini terjadi.

 

Dok. Turnbackhoax.id

Tag: berita hoaks ledakan

Bagikan :