Solider dengan Insiden Jacob Blake, Playoff NBA Ditunda

Tim Editor

Lapangan NBA dengan tulisan Black Lives Matter.

ERA.id - Tim basket Milwaukee Bucks memboikot Game 5 dari sesi playoff NBA melawan Orlando Magic pada Rabu, (26/8/2020), sebagai bentuk protes atas kasus penembakan warga kulit hitam bernama Jacob Blake oleh polisi di kota Kenosha. NBA, sebagai akibatnya, harus menjadwal ulang pertandingan basket Rabu malam.

Di saat yang sama, tim baseball Milwaukee, the Brewers, juga mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan bermain dalam laga Rabu malam lalu.

Aksi boikot ini dipicu oleh insiden ditembaknya warga kulit hitam Jacob Blake pada Minggu, (23/8/2020). Ia ditembak oleh petugas polisi tepat di area punggung, di depan ketiga anaknya. Pihak keluarga mengonfirmasi bahwa saat ini Blake mengalami kelumpuhan di bagian badan pinggang ke bawah.

Aksi protes terjadi di jalanan Kenosha, Wisconsin, selama tiga hari berturut-turut. Dua orang dikabarkan tewas dalam aksi unjuk rasa tersebut setelah seorang pemuda 17 tahun yang mengaku menembak pengunjuk rasa menggunakan senapan rifle.

Klub NBA Milwaukee Bucks dijadwalkan bertanding Rabu (26/8/2020) pukul 4 sore waktu setempat, namun, seluruh anggota tim tidak beranjak dari ruang ganti. Belakangan mereka merilis pernyataan yang mendorong penegakan keadilan dalam kasus Jacob Blake.

"Saat kami bertanding dan mewakili Milwaukee dan Wisconsin, kami diharapkan bermain dalam level tinggi, berupaya sebaik-baiknya," kata klub tersebut. "Saat ini, kami mengharapkan para penegak hukum melakukan hal yang sama."

Klub bernama panggilan The Bucks ini meminta politisi negara bagian Wisconsin untuk kembali berkumpul dan mengontrol langkah brutal pihak kepolisian.

"Kami juga mendorong seluruh warga untuk terbuka, beraksi dengan damai dan bertanggungjawab, serta tidak lupa untuk menggunakan hak pilih pada 3 November nanti," kata mereka.

Rabu lalu, dua pertandingan playoff NBA dibatalkan, yaitu pertandingan Oklahoma City Thunder vs Houston Rocktes, dan Portland Trail Blazers dan Los Angeles Lakers.

Di lapangan baseball, pertandingan antara the Seattle Mariners vs San Diego Padress dibatalkan, selain juga satu pertandingan Dodger.

Tag: nba amerika serikat black lives matter Jacob Blake Penembakan di Amerika

Bagikan: