Ayah Jacob Blake Baca Surat Al-Fatihah di Hadapan Demonstran AS

Tim Editor

Jacob Blake Sr (CNN)

ERA.id - Penembakan pria kulit hitam bernama Jacob Blake oleh polisi di Kenosha, Wisconsin, Amerika Serikat memicu aksi protes. Di hadapan para jurnalis, ayah Jacob Blake, Jacob Blake Sr, membaca surat Al-Fatihah saat memberikan pernyataan.

Sepertidilansir CNN, Rabu (26/8/2020) ayah Jacob Blake tampak berbicara di hadapan para demonstran. Ayah Blake mengatakan anaknya lumpuh setelah ditembak tujuh kali oleh petugas polisi di Wisconsin. 

Ayah Blake membacakan Surah Al-Fatihah, untuk putranya itu. Meski begitu belum jelas agama dari keluarga Blake, tetapi selama pidatonya dia mengakui keragaman keluarganya.

"Keluarga saya sangat beragam, dan kami tidak hanya mewakili satu hal," kata ayah Jacob Blake sebelum membaca Alquran.

Ayah Blake berbicara bersama anggota keluarga dan pengacara lainnya, mengatakan kepada wartawan bahwa polisi menembak putranya tujuh kali.

"Tujuh kali, seolah dia tidak penting," tegasnya.

Sebelumnya, penembakan warga kulit hitam oleh polisi kembali terjadi di Amerika Serikat, kali ini terhadap Jacob Blake (29) di wilayah negara bagian Wisconsin pada Minggu (23/8) sore waktu setempat, sehingga memicu protes masyarakat.

Ben Crump, yang menyebut dirinya ditunjuk untuk mewakili keluarga korban, mengatakan bahwa Blake tengah mencoba menurunkan ketegangan insiden rumah tangganya ketika polisi menembak dia pertama kali dengan pistol kejut listrik.

“Ketika dia berjalan untuk memeriksa anak-anaknya, polisi menembakkan senjata mereka beberapa kali ke punggung Blake pada jarak dekat. Ketiga anak laki-laki Blake hanya beberapa meter jauhnya dan menyaksikan polisi menembak ayah mereka,” kata Crump, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (26/8).

Dalam sebuah video amatir, Blake terlihat berjalan menuju mobil dan diikuti oleh dua orang petugas polisi yang menodongkan pistol ke punggungnya, kemudian terdengar tujuh suara tembakan selagi Blake, yang terlihat tak bersenjata, membuka pintu mobil.

 

 

 

Tag: black lives matter amerika serikat Jacob Blake Penembakan di Amerika

Bagikan: