Gawat! China Tembak Rudal Balistik ke Laut China Selatan, Amerika Meradang

| 28 Aug 2020 16:56
Gawat! China Tembak Rudal Balistik ke Laut China Selatan, Amerika Meradang
Rudal China (CCTV)

ERA.id - China disebut meluncurkan empat rudal balistik ke arah Laut China Selatan pada Rabu (26/8). Rudal tersebut jatuh di antara Pulau Hainan dan Kepulauan Paracel. Namun jenis rudalnya belum diketahui, 

Seperti dikutip dari NHK, militer Amerika Serikat (AS) mengungkapkan China meluncurkan empat rudal balistik jarak menengah ke arah Laut China Selatan pada Rabu (26/8).

Rudal-rudal itu dilaporkan jatuh di antara Pulau Hainan dan Kepulauan Paracel. Otoritas mengatakan bahwa militer AS tengah berupaya mengidentifikasi jenis rudal balistik jarak menengah yang diluncurkan itu.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengecam China atas aktivitas militernya yang semakin meningkat di Laut Cina Selatan. China telah berulang kali melakukan latihan militer di wilayah tersebut selama dua bulan terakhir.

Pentagon mengatakan telah memperingatkan Beijing pada Juli bahwa pihaknya akan terus memantau situasi tersebut dengan harapan Cina mengurangi militerisasi dan koersi terhadap negara-negara tetangga di Laut China Selatan.

Namun, dikatakan China memilih untuk meningkatkan aktivitas militernya dengan menembakkan rudal balistik.

China berselisih klaim dengan Vietnam, Filipina, Indonesia, dan pihak lainnya di perairan yang disengketakan tersebut. Departemen Pertahanan juga menyerukan seluruh pihak untuk menahan diri dan tidak melakukan aktivitas militer.

Rekomendasi