Daftar Negara yang Warganya Dilarang Masuk Malaysia, Termasuk Indonesia

Tim Editor

Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob (Dok. Kmelu Malaysia)

ERA.id - Pemerintah Malaysia akan merilis daftar negara yang diblokir masuk ke negaranya. Malaysia melarang masuk warga asing dari negara yyang mempunya kasus positif COVID-19 di atas 150.000 kasus termasuk Indonesia.

Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob menegaskan warga Amerika Syarikat, Brazil, Perancis, Arab Saudi dan Italia dilarang keras masuk Malaysia.

“Kita telah setuju, setelah berbincang dengan Kementerian Kesehatan (KKM) dan Jabatan Imigrasi (JIM), kita akan tambah lagi negara-negara yang dianggap berisiko tinggi, yang jumlahnya (kasus positif di negara asal) melebihi 150,000, kita akan sekat,” katanya, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/9/2020).

Pelarangan itu berlaku mulai senin kemarin. Selain tiga negara tersebut, Malaysia sudah melarang warga dari Indonesia, India dan Filipina masuk ke wilayahnya..

Dia menjelaskan, pembatasan tersebut juga mencakup mereka yang berstatus residen tetap (PR), Program Rumah Kedua Saya Malaysia (MM2H), ekspatriat termasuk pemegang izin kunjungan profesional (PVP) dan pemegang izin tinggal.

"Namun, jika ada keadaan darurat untuk masuk ke Malaysia, itu tergantung persetujuan yang dikeluarkan JIM," ujarnya.

Kemenkes Malaysia akan mengeluarkan daftar lengkap negara yang diblokir untuk masuk ke Malaysia minggu depan.

 

Tag: malaysia

Bagikan: