Pembuat Film Dokumenter G30S/PKI Ditemukan Tewas di dalam Mobil

Tim Editor

Andre Vltchek (Independent)

ERA.id - Seorang pembuat film dokumenter sekaligus wartawan investigasi asal Amerika Serikat (AS), Andre Vltchek ditemukan tewas pada Rabu (23/9) di Istanbul, Turki.

Andre Vltchek yang pernah menyutradarai salah satu film dokumenter tentang G30S PKI itu ditemukan tewas di dalam mobil di Karakoy, Istanbul, Turki.

Kala itu, pembuat film G30S PKI berjudul 'Terlena–Breaking of The Nation' sedang bersama istrinya, Indira datang ke Istanbul dari provinsi Samsun menggunakan mobil sewaan.

Mereka juga menyewa dua orang sopir. Saat tiba di hotel pukul 05.30 waktu setempat, Andre dibangunkan sang istri saat di dalam mobil tapi sudah tak bernyawa.

Seperti dikutip dari ABC, Jumat (25/9/2020), jenazah Andre Vltchek kemudian dibawa ke institusi forensik untuk diperiksa.

Ilustrasi (Anadolu Agency)

 

Polisi mencurigai kematian Andre tak wajar. Istri dan dua supir telah dimintai keterangannya.

Andre Vltchek jurnalis AS yang banyak meliput, menulis dan membuat film dokumenter tentang konflik di dunia.

Pada 2004 lalu ia membuat film tentang pembantaian simpatisan PKI tahun 1965 yang berjudul Terlena–Breaking of The Nation.

Ia juga menerbitkan buku Indonesia, Archipelago of Fear pada tahun 2012 dan Exile: Conversations with Pramoedya Ananta pada tahun 2006.

Tidak hanya Indonesia, Andre Vltchek juga melakukan liputan di Peru, Kashmir, Meksiko, Bosnia, Sri Lanka, Kongo, India, Afrika Selatan, Timor Leste, dan Turki.

Bukunya yang terkenal adalah On Western Terrorism: From Hiroshima to Drone Warfare.

 

Tag: pembunuhan meninggal dunia

Bagikan: