Sean Connery, Aktor James Bond dan Pemenang Piala Oscar, Meninggal Dunia

Tim Editor

Sir Sean Connery, pemeran tokoh agen mata-mata James Bond dan pemenang Piala Oscar, wafat di usia 90 tahun, Sabtu (31/10/2020). (Foto: IGN/Twitter)

ERA.id - Pemeran James Bond, Sean Connery dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun pada Sabtu (31/10/2020).

Dilansir dari The Guardian, meninggalnya Sean dikonfirmasi oleh pihak keluarga. Putranya, Jason mengatakan, Sean meninggal dalam tidurnya saat berada di Bahama. Sebelum meninggal, Sean diketahui memang sedang sakit, namun tak dijelaskan lebih lanjut penyebab pasti kematian aktor senior tersebut.

Dilansir dari Variety, produser Bond, Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli mengatakan Sean akan selalu dikenang sebagai salah seorang pemeran James Bond yang pertama kali mengatakan kalimat ikonik dalam film tersebut yaitu, 'The name's Bond... James Bond'.

Sean juga merupakan aktor pertama yang membawa peran James Bond ke layar lebar. Setelah dia, sejumlah aktor lain menggantikannya seperti Roger Moore, Daniel Craig dan Pierce Brosnan. Connery pun tercatat tampil di tujuh film thriller mata-mata, di antaranya 'Dr No', 'From Russia with Love' dan 'Goldfinger'.

Sean yang merupakan seorang aktor kelahiran Skotlandia ini dianggap sebagai salah satu aktor terbaik hingga dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2000.

Sean Connery Indiana Jones
Sean Connery, kiri, saat beradu akting dengan Harrison Ford dalam film 'Indiana Jones and the Last Crusade' (1989)

Sean tercatat pernah mendapat Piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik pada tahun 1988. Piala bergengsi di jagat film itu berhasil dia raih usai memerankan polisi Irlandia bernama Brian De Palma dalam film 'The Untouchables' pada tahun 1987.

Selain memerankan agen mata-mata 007, Sean juga pernah bermain dalam sejumlah film seperti 'The Wind and the Lion', 'The Man Who Would Be King', dan 'Indiana Jones and the Last Crusade.

Sean Connery James Bond
Akting Sean Connery melejit setelah berperan sebagai franchise James Bond pertama yang rilis tahun 1962, 'Dr. No'. 

Ketenaran Sean terus menanjak seiring dengan populernya sekuel 'From Russia With Love', 'Goldfinger' dan 'Thunderball', dan belasan ragam film laga yang lain. Namum kariernya mulai meredup saat Connery dinilai melakukan kesalahan dengan bermain dalam film 'Zardoz'.

Sebelum tutup usia, Sean terakhir bermain peran dalam film 'The League of Extraordinary Gentleman' pada tahun 2003.

Tag: film hollywood

Bagikan: