RS Khusus COVID-19 di Rumania Terbakar, Tewaskan 10 Orang

| 15 Nov 2020 16:46
RS Khusus COVID-19 di Rumania Terbakar, Tewaskan 10 Orang
Ilustrasi: mobil pemadam kebakaran. (Foto: Andre Benz)

ERA.id - Sepuluh orang tewas pada Sabtu (14/11/2020) dalam kebakaran di rumah sakit Rumania yang merawat pasien virus corona, kata badan keadaan darurat negara Rumania (ISU).

Kebakaran terjadi di unit perawatan intensif rumah sakit daerah Piatra Neamt dan menyebar ke kamar sebelah. Tidak jelas apa yang memicu kejadian tersebut, kata para pejabat, seperti dikutip ANTARA.

Selain korban jiwa, tujuh orang lainnya terluka dan dalam kondisi kritis, kata pejabat yang sama. Seorang dokter termasuk dalam korban luka tersebut.

Jaksa mengatakan mereka akan menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Menteri Kesehatan Nelu Tataru mengatakan kepada wartawan enam pasien yang selamat akan dipindahkan ke rumah sakit COVID-19 di kota Iasi, Rumania timur.

Dokter yang terluka, yang mengalami luka bakar parah di 40 persen tubuhnya, akan dipindahkan ke rumah sakit di ibu kota Bucharest, kata Tataru.

“Dalam peraturan mendatang, semua rumah sakit umum akan dikoordinasikan oleh kementerian kesehatan,” kata Tataru tanpa merinci. Rumah sakit lokal saat ini dijalankan oleh dewan daerah, yang mempersulit pengawasan menyeluruh sistem kesehatan.

Tataru mengatakan rumah sakit Piatra Neamt akan terus menjalankan unit perawatan intensif di lantai terpisah.

Kebakaran itu merupakan peristiwa paling mematikan di Rumania sejak 2015, ketika sebuah klub malam di ibu kota Bukares terbakar dan 65 orang tewas.

Api itu memicu protes massa di seluruh Rumania. Demonstran memprotes budaya suap dan kurangnya akuntabilitas di negara itu. Rumania, negara dengan infrastruktur kesehatan paling tertinggal di Eropa, telah melaporkan 353.185 kasus infeksi COVID-19, dan 8.813 di antaranya berujung pada kematian.

Sebanyak 13.000 pasien COVID-19 kini dirawat di rumah sakit di Rumania, per Sabtu. Sebanyak 1.172 kasus di antaranya dirawat di unit perawatan intensif.

Rekomendasi