Beredar Video Astronot Australia Lompat dari Pesawat Ruang Angkasa, Simak Penjelasannya

Tim Editor

Ilustrasi Astronot (WikiImages dari Pixabay)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Military Boy mengunggah sebuah video yang menyebut astronot Australia melompat dari pesawat ruang angkasa. 

Ia menjelaskan bahwa video itu merupakan pendaratan astronot Australia dari pesawat luar angkasa menuju bumi dari ketinggian 1,28,000 kaki dalam waktu 4 menit 5 detik. 

Berikut narasi pada postingan tersebut:

An Australian astronaut jumped from space ship at an unbelievable height of 1,28,000 feet reaching surface of earth in just over 4 minutes and 5 seconds after travelling 1,236 kms. He could see the earth revolving – watch the amazing video by BBC.

Enjoy this exotic free fall and imagine yourself in his place.

It’s beautiful…😳 🙏

Seorang astronot Australia melompat dari pesawat luar angkasa pada ketinggian yang luar biasa yaitu 1,28,000 kaki mencapai permukaan bumi hanya dalam waktu 4 menit dan 5 detik setelah menempuh jarak 1.236 km. Dia bisa melihat bumi berputar – tonton video menakjubkan dari BBC.

Nikmati terjun bebas yang eksotis ini dan bayangkan diri Anda berada di tempatnya.

Itu indah … 😳 🙏

Namun, setelah ditelusuri, dilansir dari laman turnbackhoax.id, unggahan itu adalah video seorang penerjung payung asal Austria bernama Felix Baumgartner yang melakukan pendaratan dalam projek bernama Red Bull Stratos pada 14 Oktober 2012. 

Ia berhasil mendarat menuju bumi dari balon helium dengan ketinggian 39 KM (128,100 kaki) di atas permukaan New Mexico, Amerika Serikat. Diketahui Felix Baumgartner dan timnya membutuhkan waktu selama 5 tahun untuk melakukan misi tersebut.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Military Boy dikategorikan sebagai Konten yang Salah karena video tersebut bukanlah video pendaratan astronot Australia dari pesawat ruang angkasa, melainkan video penerjung payung asal Austria bernama Felix Baumgartner yang melakukan aksi pendaratan ke bumi dari balon helium.

Tag: berita hoaks luar angkasa cek fakta astronot

Bagikan: