5 Rahasia yang Disembunyikan Pilot dari Penumpang Selama Penerbangan

Tim Editor

Ilustrasi pilot tidur (Foto: Greg Thomson/Pilot Job Central)

ERA.id - Banyak hal yang tidak kita ketahui selama melakukan perjalanan udara. Sebagai penumpang, biasanya kita akan mempercayakan sepenuhnya keselamatan kepada pilot dan awak pesawat

Namun, sebetulnya ada hal yang disembunyikan pilot dari penumpang. Berikut ulasannya, dikutip dari akun Quora Anne Carol Mercado, Selasa (19/1/2021).

1. Pilot tidur di kokpit dalam penerbangan

Sama seperti penumpang, pilot dan co-pilot juga perlu tidur siang selama penerbangan dan ini disebut "istirahat terkendali" di dek penerbangan. Ini dilakukan selama penerbangan di mana beban kerja paling ringan dan memungkinkan pilot untuk tidur siang sejenak. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi selama pendekatan, lepas landas, dan pendaratan di mana beban kerja lebih besar.

Perhatikan bahwa istirahat terkontrol dibatasi antara 10 dan 40 menit dan siapa yang mengambil istirahat pertama dibahas dan disetujui oleh pilot.

Pilot tidur. (Foto: YouTube)

 

2. Masker oksigen tidak membawa oksigen sebanyak yang kamu harapkan

Hal selanjutnya yang jarang diketahui penumpang adalah masker oksigen di pesawat. Masker oksigen di pesawat komersial hanya memiliki oksigen selama 12-15 menit, yang ternyata bukan oksigen itu sendiri. 

Panel di atas masker oksigen berisi campuran bahan kimia saat dibakar, melepaskan oksigen. Menarik masker oksigen seperti yang ditunjukkan selama pengarahan/demonstrasi keselamatan penerbangan akan mempercepat proses ini. 

Oksigen yang dilepaskan oleh bahan kimia ini akan bertahan antara 12 dan 15 menit, yang merupakan waktu yang cukup bagi awak pesawat untuk turun di ketinggian kurang dari 10.000 kaki di mana penumpang dapat bernapas lebih lega.

3. Ada kapak di dalam kokpit

Hukum Udara Sipil mewajibkan pesawat komersial untuk dilengkapi dengan kapak di kokpit. Kapak pada dasarnya adalah alat pemadam kebakaran yang dapat digunakan kru untuk memotong panel jika terjadi kebakaran.

4. Awak kabin merahasiakan penumpang yang meninggal

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

 

Ketika seorang penumpang meninggal di tengah penerbangan, awak kabin akan memindahkan almarhum ke baris kosong dan menutupinya dengan selimut dan menopangnya di kursinya (dengan cara yang sama seperti penumpang yang ditunjukkan pada gambar di atas) untuk membuatnya tampak seperti biasa pada umumnya penumpang. Kecuali penumpang mengetahuinya, awak kabin tidak akan memberi tahu penumpang lain bahwa seseorang meninggal dunia untuk menghindari kepanikan.

Beberapa pesawat yang lebih besar memiliki kompartemen khusus yang ditujukan untuk jenazah penumpang yang meninggal di tengah penerbangan.

5. Alasan awak kabin meredupkan lampu selama lepas landas dan mendarat 

"Kami meredupkan lampu kabin agar Anda bisa melihat kota dengan lebih baik."

Ini adalah pengumuman yang direkam sebelumnya yang biasanya kami dengar saat mendarat, tetapi alasan sebenarnya mengapa awak kabin meredupkan lampu adalah untuk membantu penumpang terbiasa dengan penglihatan malam. Selama lepas landas dan mendaratlah keadaan darurat kemungkinan besar akan terjadi. 

Dalam keadaan darurat atau evakuasi selama pendaratan, penumpang penglihatan penumpang akan lebih baik oleh karena mata mereka sudah menyesuaikan dengan kondisi yang gelap.

Tag: pilot penerbangan fakta penerbangan

Bagikan: