Presiden Jokowi, Kepala Negara yang Pertama Kali Kunjungi Pengungsi Etnis Muslim Rohingya

Tim Editor

Presiden Jokowi Kunjungi Etnis Rohingya (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menjadi kepala negara pertama yang mengunjungi kamp pengungsian etnis Rohingya di Bangladesh.

Jokow mengunjungi kamp pengungsi di sela kunjungan kerjanya ke Bangladesh menyempatkan diri untuk mengunjungi pengungsi etnis Rohingya dari wilayah Rakhine Myanmar yang mengungsi di kamp pengungsian Jamtoli di Cox's Bazar, Bangladesh, Minggu (28/1/2018).

Presiden Jokowi sempat berinteraksi dengan para pengungsi sambil memberikan bantuan dari pemerintah Indonesia. Jokowi memastikan,bantuan kemanusiaaan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh dari Indonesia, akan terus datang.

"Bantuan kemanusiaan ini akan kita berikan secara berkesinambungan. Dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak. Pemerintah Indonesia termasuk masyarakat, LSM kemanusiaan, yang bersama-sama Pemerintah bahu membahu memberikan bantuan kemanusiaaan baik di Myanmar maupun di Bangladesh," kata Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi melihat langsung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para relawan kemanusiaan Indonesia, baik dari pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat.

Presiden meninjau Indonesia Humanitarian Alliance (IHA)-The Dreamers Medical Camps, yang merupakan salah satu fasilitas kesehatan hasil kerja sama pemerintah, LSM, organisasi, dan masyarakat Indonesia. Beberapa klinik pengobatan, dan pompa air sumbangan asal Indonesia yang berada di fasilitas kesehatan juga ditinjau oleh Presiden Jokowi.

"Sejak awal masalah pengungsi ini muncul, Pemerintah dan masyarakat Indonesia bersama-sama membantu para pengungsi di Cox’s Bazar ini. Dan kita, Indonesia mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Bangladesh dalam membantu masalah pengungsi. Dan sejak awal Pemerintah kita selalu berkoordinasi mengenai kebutuhan di lapangan," kata Presiden.

Tag: jokowi rohingya

Bagikan: