Ledakan di Dekat Pusat Tes COVID-19 di Belanda, Disebut Polisi Aksi Terencana

Tim Editor

Ilustrasi: Pandemi COVID-19 juga melanda Belanda. (Foto: Kobu Agency/Unsplash)

ERA.id - Sebuah ledakan memecahkan kaca jendela pusat tes uji COVID-19 di kota Bovenkarpsel di Belanda utara, Rabu, (3/3/2021), demikian disampaikan kepolisian setempat.

Tak ada korban luka maupun korban jiwa dalam insiden yang terjadi pada pukul 6.55 pagi itu, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Kota Bovenkarpsel terletak 55 kilometer sebelah utara ibu kota Amsterdam. Kini lokasi ledakan telah ditutup guna penyelidikan lebih lanjut.

Kepolisian Belanda menduga bahwa bahan peledak "sudah dipasang di lokasi" mengingat ledakan terjadi sebelum pusat tes COVID-19 dibuka, ungkap juru bicara Kepolisian Menno Hartenberg pada Reuters. Ia menambahkan bahwa ledakan disebabkan oleh suatu "bahan logam".

"Kami belum mengetahui pasti apa yang meledak. Ahli bahan peledak harus menyelidikinya terlebih dahulu," kata Hartenberg.

"Yang kami yakini adalah bahwa insiden semacam itu tidak terjadi begitu saja. (Alat peledak) itu pasti dipasang (oleh seseorang)," pungkasnya.

Peristiwa pada Rabu pagi bukan yang pertama kalinya menimpa sebuah pusat tes COVID-19 di Belanda. Pada Januari, sebuah pusat tes COVID-19 di kota Urk dibakar oleh para perusuh yang menolak kebijakan karantina total (lockdown).

Tag: bisnis tes covid-19 pandemi COVID-19 Belanda

Bagikan: