Dibeli di Pasar Kaget, Mangkuk Antik Ini Ternyata Bernilai Rp7,13 M

| 04 Mar 2021 20:23
Dibeli di Pasar Kaget, Mangkuk Antik Ini Ternyata Bernilai Rp7,13 M
Mangkuk antik dari era dinasti Ming, China, yang ditaksir memiliki nilai 500 ribu dolar AS. (Foto: Sotheby's)

ERA.id - Seorang pria asal Connecticut, Amerika Serikat, awalnya hanya ingin membeli barang antik di sebuah pasar kaget. Belakangan ia tahu mangkuk antik dari bahan porselen, dengan dekorasi antik khas China, ditaksir memiliki nilai hingga 500 ribu dolar AS, atau setara Rp7,13 miliar.

Diberitakan oleh Associated Press, awalnya pria ini membeli mangkuk antik itu dengan harga 35 dolar AS di kota New Haven. Mangkok porselen ini berwarna putih dengan dekorasi biru.

Atas dasar rasa penasaran, pria asal Connecticut ini pun mengirim potret mangkuk tersebut ke rumah lelang Sotheby's dan menanyakan berapa taksiran nilainya.

Berdasarkan laporan Associated Press, kiriman foto mangkuk ini dengan cepat menarik perhatian para pakar barang keramik dan seni China di Sotheby's, yaitu Angela McAteer dan Hang Yin.

McAteer, kepada AP, mengatakan bahwa dirinya dan Yin yakin ada sesuatu yang istimewa dari mangkuk tersebut.

"Gaya lukisannya, bentuk mangkuknya, dan bahkan warna biru yang dipakai, merupakan ciri porselen yang dibuat di era awal abad ke-15," kata dia.

Mangkuk putih yang terasa lembut di tangan, yang dihiasi ornamen bunga dan batang warna biru, ini disebut-sebut memiliki ciri khas ornamen dari era dinasti Ming awal, khususnya ketika masa kepemimpinan raja Yongle, demikian sebut McAteer.

Sotheby's meyakini bahwa Yongle selama ini diakui sebagai pihak yang memperkenalkan bentuk oven porselen baru di kota Jingdezhen. Pola lingkaran di bagian dalam dan luar mangkuk, serta berbagai jenis bunga yang tertera dalam ornamen, merupakan ciri khas ornamen dari era tahun 1400an awal.

McAteer mengakui masih terpukau terhadap penemuan langka seperti yang didapatkan sang pria. Ia menyatakan penemuan 'harta karun' semacam ini masih menimbulkan gairah yang sama seperti dulu.

Rekomendasi