Heboh! 3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak, Fakta atau Hoaks?

| 12 Mar 2021 14:02
Heboh! 3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak, Fakta atau Hoaks?
Hoaks 4 juta warga Inggris masuk Islam serentak. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar postingan hasil tangkapan layar sebuah link menuju website berita dengan alamat BUKUNEWSCHECK.ONLINE. Judul pada tautan tersebut adalah "3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak Subhanallah”. 

Arief Delta yang membagikan postingan tersebut mengklaim judul berita beserta narasinya adalah benar, yang kemudian ia sebarkan di grup "Jokowi 3 Periode".

"Yang beginian bikin cebong naik darah 😂😂 Innaddina indallahil Islam😍😍,"

"3 Juta Orang Inggris Masuk Islam Secara Serentak BUKUNEWSCHECK.ONLINE."

Namun, setelah ditelusuri ke alamat website BUKUNEWSCHECK.ONLINE, postingan tersebut adalah rekayasa/palsu, demikian dikutip dari laman turnbackhoax.id, Jumat (12/3/2021).

Informasi bahwa ada 3 juta orang Inggris masuk Islam juga tidak benar. Dilansir dari kompas.com, 3 juta orang Islam di Inggris merupakan hasil kalkulasi penduduk menurut agama dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga bukan serentak.

OSN atau Badan Statistik Nasional setempat, mencatat pada tahun 2016 jumlah penduduk Islam di Inggris mencapai 3 juta orang atau setara dengan 5,4 persen dari total populasi. 

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun 1991, yang mana jumlah orang Islam hanya 950.000 atau 1,9 persen dari total penduduk.

Menurut Pew Research Centre, peningkatan penduduk Muslim dari tahun ke tahun dikarenakan faktor tingkat kelahiran penduduk dan juga imigrasi orang Islam dari negara konflik seperti Suriah dan Irak. 

Inggris dipilih oleh para pencari suaka tersebut karena dinilai memiliki tingkat toleransi yang baik, dibanding negara-negara Eropa lainnya seperti Perancis, Spanyol, dan Polandia.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa postingan Arief Delta adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Salah.

Rekomendasi