Hati-Hati Hoaks Lama Muncul Lagi: Tentara Merah RRC Berkamuflase Jadi Banser

Tim Editor

Hoaks tentara merah RRC jadi anggota Banser dan Ansor. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Memasuki masa Pilkada serentak 2020, isu hoaks masih terus berseliweran di jagat dunia maya. Baru-baru ini sebuah akun Facebook bernama Anto Lay mengunggah konten soal isu tentara merah RRC berkamuflase menjadi anggota Banser dan Ansor.

Isu tersebut merupakan berita bohong atau hoaks yang sudah lama disebar oleh oknum tak bertanggung jawab sejak 2017 dan 2018. Dalam postingannya, Anto Lay mengunggah tangkapan layar kartu anggota Banser atas nama Lie Tjin Kiong. Menyertai unggahan itu, Anto menuliskan narasi "yang perlu tuk di waspadai."

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa isu tentara merah RRC berkamuflase menjadi Banser dan Ansor sudah terklarifikasi pada artikel periksa fakta berjudul [SALAH] "Tentara Merah RRC Berkamuflase Jadi Banser" yang tayang di turnbackhoax.id pada 17 September 2018.

Dilansir dari nu.or.id, Ketua PW GP Ansor Jatim H Rudi Triwahid meluruskan seputar hoaks yang menyebar luas di dunia maya itu. Ia membenarkan isi KTA Lie Tjin Kiong namun membantah bahwa Lie adalah non-Muslim. 

"Benar KTA itu. Dia seorang mualaf. Dia ikut Diklatsar Banser pada tahun 2001. Siapa pun boleh menjadi anggota Banser," katanya pada 4 Mei 2017.

Kepala Satkorwil Banser Jatim Gus Abid Umar menegaskan, Lie Tjin Kiong ini merupakan salah seorang pengurus Masjid Cheng Ho Surabaya yang telah mengikuti Diklatsar Banser. 

"KTA memang benar diteken oleh Kasatkorwil Banser Jatim yang lama, dr Umar Usman. Banser juga punya yang Londho. Tapi mereka beragama Islam," jelasnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang dibagikan akun Facebook Anto Lay masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

Tag: nahdlatul ulama berita hoaks cek fakta

Bagikan: