Desainer Font 'Calibri' Tanggapi Lima Font Terbaru Microsoft Office

Tim Editor

Desainer Lucas de Groot saat menerima penghargaan German Design Award Gold 2020 untuk jenis font Koning, (7/2/2021). (Foto: @LucasFontsNews/Twitter)

ERA.id - Microsoft mengumumkan sedang mencari font bawaan (default) baru untuk seabreg aplikasi Office, seperti Word dan Excel, menggantikan font legendaris yang sudah menghiasi perangkat tersebut sejak 2007, yaitu font 'Calibri'.

Rencana penggantian font tersebut turut mengundang tanggapan dari desainer Lucas de Groot yang merancang font Calibri tersebut pada 2002.

"Saya tak menyangka font ini bakal tergantikan," kata dia dalam sebuah wawancara via video, dikutip dari CNBC, (5/5/2021).

Ia mengaku tidak berharap Microsoft meminta pendapatnya terkait penggantian 'font bawaan' Microsoft Office, namun, ia senang perusahaan teknologi itu mencurahkan tenaga mereka untuk membuat font baru agar aplikasi mereka terus bernilai bagi konsumen.

Meski begitu, menurut de Groot penggantian font tampaknya lebih berfokus untuk mengadaptasikan font ke tren desain terbaru, alih-alih meningkatkan keterbacaan dari jenis font Calibri.

Tampilan kandidat font bawaan Microsoft Office
Penampilan font terbaru Microsoft Office. (Foto: Microsoft Office Design Team)

Asal Mula Font Calibri

Berdasarkan laporan CNBC, desainer yang dikenal dengan nama Luc(as) de Groot ini mulai menggarap bakal calon font Calibri pada 2002. Kala itu, agensi perantara memintanya membuat font monospace dan sans serif untuk sebuah klien yang identitasnya masih dirahasiakan.

Belakangan ia tahu bahwa klien yang dimaksud adalah Microsoft, raksasa perangkat lunak yang didirikan oleh dua sekawan Bill Gates dan Paul Allen.

Perusahaan tersebut menyukai desain font yang dibuat de Groot dan, pada 2003, meminta desainer tersebut untuk terbang ke Redmond, Washington, AS - markas Microsoft - untuk bertemu dengan desainer, penasehat, dan anggota tim perwajahan teks Microsoft.

Singkat cerita, setelah melalui berbagai proses, font Calibri buatan de Groot pun diterapkan sebagai font bawaan untuk seluruh aplikasi Microsoft Office, yang dipakai oleh 1,2 miliar komputer di seluruh dunia.

Seaford Pengganti Calibri?

De Groot mengaku pertama kali mendengar isu pergantian font Office dari para jurnalis yang menunjukkan padanya sebuah posting blog Microsoft. Di posting tersebut tercantum 5 jenis font sebagai kandidat pengganti Calibri.

CNBC menulis bahwa de Groot mengaku suka dengan jenis font Seaford, salah satu kandidat font yang dirancang oleh Tobias Frere-Jones, Nina Stössinger dan Fred Shallcrass dari studio Frere-Jones Type.

"Desain font tersebut sangat kuat, dan saya akan gembira melihat font ini sebagai font bawaan yang baru," kata de Groot.

"Pendapat saya tidak netral, tapi saya rasa desainnya bagus."

Tag: microsoft bill gates teknologi Desain

Bagikan: